Pakan Jalak Suren Gacor Alami, buatan, serta managementnya

Posted on
Pakan Jalak Suren Alami, buatan, serta management pemberiannya Agar gacor, Halo sobat kicaugacor yang berbahagia, oke kali ini kita akan bahas tentang burung yang lagi booming di akhir tahun ini. Seperti yang anda ketahui jalak suren akhir-akhir ini menjadi primadona setelah burung pleci, dan sangat mungkin kalau burung ini bisa menjadi burung sejuta umat juga. Bisa jadi bisnis penagkaran burung jalak suren bisa sangat prospek sekali mengingat permintaan akan burung jalak suren ini terus menigkat. Nah bagi yang berniat untuk mengembangbiakan dan juga untuk meningkatkan kualitas suaranya tentunya semua itu tidak bisa lepas dari makanan dan asupan nutrisi yang diberikan kepada burung agar performa dan kualitasnya oke. 
 
ngomong-omong tentang Pakan Jalak Suren Alami, buatan, serta management pemberiannya Agar gacor.  Nah apa yang terlintas pertama kali di benak anda saat kita bicara tentang makanan burung jalak? pasti yang muncul pertama kali adalah kroto, selajutnya jangkrik ya kan. Nah hati2 ya banyak lho para pengila burung yang mengeluh burung jalak surenya macet, tidak rajin bunyi padahal secara fisik terlihat bahwa burung memiliki potensi untuk rajin berkicau alias gacor. Nah kemungkinan besar ada masalah maagement perawatan burung jalak suren yang keliru sehingga burung jalaknya tidak rajin berkicau. Nah memang ada beberapa asupan yang perlu diperhatikan terhadap pakan burung diantaranya adalah:
1. Nutrisi : berasal dari makanan yang mengadung karbohidart dan protein (voer, kroto dan jangkrik)
2. Vitamin : muali dari vitamin A hingga K (A, B1, B2 hingga B12, C, D3, K3) (Birdvit)
3. Mineral : fungsi untamanya adalah untuk pembentukan tulang dan darah, fungsilainya adalah untuk keseimbangan zat cair didalam tubuh burung, serta menyehatkan fungsi saraf, disamping fungsi lainya. mineral yang diberikan seperti Ze, K, P, Co, L, iodium, Mg dan sebaganya.
Nah ketiga aspek asupan tersebut harus bisa masuk dan diserap tubuh agar burung menjadi sehat, bugar dan responsif.
 
Bagiamana cara Pakan Jalak Suren Alami, buatan, serta management pemberiannya yang benar?
pakan burung jalak bisa dibedakan menjadi dua yaitu pakan burung jalak suren alami dan buatan, mari kita bahas satu persatu. 
Pakan burung jalak suren Alami: kelebiha dari pakan burung jalak suren adalah sebagai fungsi extrafood, pakan alami ini tidak menimbulkan efek samping pada burung
1. Jangkrik
Jangkrik merupaka salah satu suber protein dan vitamin alami yang disukai burung, fungsi jangkrik untuk burung adalah memacu suara kicauan burung, menjaga stamina, dan lebih bergrairah. Pemberianya untuk jalak suren dewasa 3 ekor pagi dan 5 ekor sore. Nah baiknya potong kaki dan kepalanya agar burung mudah menelan. Biasanya habis ini langsung bisa dimasterkan dengan mp3 suara burung jalak suren.
2. Kroto
Kroto segar merupakan ekstrafood yang sangat disukai burung, usahakan pemberinya dalam kondisi segar dan jangan sampai menyisakan jika diberikan pada tempat kroto. Kroto yang segar bisa menambah stamina dan rajin berkicau tapi jika kroto sudah bau bisa membuat burung mencret hati2 ya sobat kicaugacor. Oiya untuk kroto porsi pemberiannya tidak perlu tiap hari cukup 1 sendok teh seminggu dua kali. Bagusnya kroto diberikan pagi hari.
3. Buah-buahan
Buah buahan wajib diberikan kepada jalak suren dari mulai trotolan, Fungsi utama buah ini disamping mengandung vitamin C untuk menjaga stamina dan kesehatan juga bisa membuat burung gacor. Buah yang wajib anda berikan adalah pisang kepok, pisang batu, serta pepaya sebenarnya jambu juga bisa. Pisang porsi pemberianya harus setiap hari baik pisang kepok maupun pisang batu. Jika burung tidak mau makan pisang bisa mengunakan tips dibawah ini. 
Buka kulit pisang sedikit saja, kemudian ambil lidi dan tusuk2kan seperti dicacah, ini berfungsi supaya pisang terlihat seperti telah dimakan oleh burung lain. sehingga burung lebih menyukainnya.
4. Ulat kandang/ UH
Ulat kandang diberikan setiap pagi pada tempatnya yang terpisah sebanyak 1 cepuk. hati2 jika pemberiannya berlebihan bisa membuat burung katarak Biasa juga mengunakan cacing tanah yang mulai populer akhir-akhir ini khususnya untuk penangkaran burung.
5. Kerikil dan pasir
Ada beberapa orang yang mengunakan ini sebagai makanan untuk menghancurkan makanan didalam perut burung, atau sebagai alat untuk membantu pencernaan seperti unggas lainnya, namun jika tidak ada pun tidak masalah.
 
Pakan burung jalak suren buatan
Untuk pakan burung buatan memang lebih banyak keuntungannya seperti :
  • Kandungan nutrisinya dan gizinya lebih mudah diatur dan lengkap
  • Penyimpananya mudah, kapan saja bisa digunakan
  • Stok selalu ada meski dalam jumlah banyak sekalipun
1. Voer
Voer merupakan pakan burung yang saat ini masih menjadi tumpuan utama makanan pokok, jika diibaratkan orang indonesia voer adalah berasnya. Banyak voer yang beredar dipasaran usahakan memilih yang tepat yaitu kandunga protein sekitar 10persen hingga 18persen saja. karena banyak yang mahal namun belum tentu sesuai kebutuhan burung.  voer untuk burung jalak biasanya ada dua voer lele dan voer hijau. berikan voer tiap hari diwadahnya dan ganti setiap 2 hari sekali.
2. BirdVit 
berfungsi sebagai penambah asupan vitamin untuk burung. bisaya diberikan 3 kali dalam seminggu. Nah kalau cara penyajianya bisa di campurkan pada pisang, kroto, atau bisa juga dilarutkan dalam air minum burung jalak suren.
Management perawatan burung jalak suren harian dari segi makanan ini merupakan rangkuman makann diatas dan cara pemberiannya setiap hari :
  • Jangkrik diberikan setiap pagi 3 ekor dan porsi sore 3 ekor (ingat buang kepala dan kaki slutangnya) 
  • Voer diberikan dalam wadah dan disediakan tiap hari (diganti 2 hari sekali agar fresh)
  • pisang wajib diberikan tiap hari bisa pisang kepok/pisang batu bisa diganti pepaya
  • UH satu cepuk tiap pagi hari dalam wadah kecil terpisah
  • Kroto Segar tiap dua kali seminggu sudah cukup, memberikan sebaiknya pagi hari
  • Bridvit 3 kali dalam seminggu untuk memenuhi kebutuhan vitamin burung
  • pola mandi dan jemur seperi biasa saja.   
 Semoga dengan menerapkan makanan yang tepat untuk jalak suren anda bisa menjadi gacor dan rajin berbunyi sehingga menjadi jura atau paling tidak meningkatkan nilai jualnya.
oiya simak juga artikel tentang Perawatan anakan burung jalak suren | Merawat Jalak suren piyik kicaugacor.com   
 
Demikian informasi yang bisa kami sajikan untuk anda semua pecinta burung jalak suren khususunya bahasan kali ini mengenai Pakan Jalak Suren Alami, buatan, serta management pemberiannya . Nah untuk artikel diatas kiranya bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi anda semua pecinta jalak suren baik jalak suren kalimanta maupun jalak suren jawa. Sekian semoga bermanfaat dan salam kicaugacor.
Trending artikel yang sedang hits:
  1. ciri burung tesia pakan biar cpt gacor