Loading...
Cucak Hijau

Pahami Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan Dan Banyuwangi

Kembali lagi hari ini kami akan memberikan ulasan seputar burung berkicau, adapun untuk ulasan yang akan coba kami berikan hari ini adalah ulasan mengenai Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi. Burung cucak ijo sendiri adalah sejenis burung berkicau yang memiliki warna bulu hampir seluruhnya hijau, maka dari itu burung ini disebut dengan nama cucak ijo.

Selain memiliki nama cucak ijo, burung ini juga disebut dengan Burung Daun dan Murai daun. Ciri ciri cucak ijo ini sendiri sudah tampak begitu jelas dari tampilan warna bulunya yang hampir seluruhnya hijau, namun memiliki warna hitam pada bagian leher dan sebgaian mata. Dan burung cucak ijo ini memiliki kicauan yang sangat bagus, membuat banyak para pecinta burung yang suka dengan burung berkicau yang satu ini.

Jenis – jenis cucak ijo sendiri juga termasuk sangat banyak, beberapa jenis cucak ijo yang terkenal adalah Cucak Ijo Banyuwangi, Cucak Ijo Mini, Cucak Ijo Kalimantan, dan Cucak Ijo Sumatra. Namun terdapat dua jenis cucak ijo yang cukup banyak dimintai oleh para pecinta burung berkicau, dua jenis tersebut adalah Cucak Ijo Banyuwangi dan Cucak Ijo Kalimantan. Kedua jenis burung cucak ijo ini juga termasuk jenis cucak ijo yang sering dilombakan.

Untuk anda yang ingin membeli burung cucak ijo banyuwangi ataupun kalimantan, namun anda masih belum dapat membedakan kedua jenis burung cucak ijo tersebut. Maka silahkan bagi anda untuk melihat terlebih dulu pembahasan mengenai perbedaan cucak ijo kalimantan dan banyuwangi yang hari ini akan kami bahas untuk anda. Dengan anda mengetahui perbedaan cucak ijo kalimantan dan banyuwangi, maka anda dapat dengan mudah memilih jenis burung yang ingin anda beli.

Jika ada diantara anda yang merasa ingin mengetahui dengan lengkap apa saja yang menjadi perbedaan cucak ijo kalimantan dan banyuwangi, maka anda harus melihat dengan lengkap pembahasan yang akan coba kami sajikan kepada anda dibawah ini. Sehingga anda – anda sekalian nantinya akan mengetahui dengan lengkap apa saja perbedaan cucak ijo kalimantan dan banyuwangi itu sendiri setelah melihat pembahasan lengkapnya.

Ukuran tubuh, Perbedaan pertama dari kedua jenis burung cucak ijo ini adalah ukuran tubuhnya yang jelas tampak berbeda, dimana burung cucak ijo banyuwangi memiliki ukuran tubuh yang lebih panjang dan sedikit melengkung. Sedangkan untuk ukuran tubuh cucak ijo kalimantan lebih pendek dan tidak melengkung.

Ukuran ekor, perbedaan cucak ijo banyuwangi dan kalimantan berikutnya ialah terdapat pada bagian panjang ekor. Untuk ekor cucak ijo banyuwangi cenderung lebih panjang, lentur, dan juga sedikit melengkung, sedangkan ekor cucak ijo kalimantan lebih pendek, tampak kaku, dan tidak melengkung.

Ketika ngentrol, perbedaan berikutnya dari kedua burung cucak ijo ini adalah pada saat ngentrol. Cucak ijo banyuwangi memiliki sifat yang lebih atraktif dan bulu bagian kepala semuanya berdiri atau njegrik pada saat ngentrol, sedangkan untuk jenis cucak ijo kalimantan jambulnya tidak berdiri pada saat ngentrol atau tidak atraktif.

Warna bulu, perbedaan cucak ijo kalimantan dan banyuwangi selanjutnya terdapat pada warna bulunya yang tampak sangat berbeda. Dimana warna bulu cucak ijo banyuwangi memiliki warna hijau pekat atau tua dan tampak sangat jelas, sedangkan burung cucak ijo kalimantan memiliki warna bulu hijau yang kekuning-kuningan.

Kicauan, perbedaan terakhir antara cucak ijo kalimantan dan banyuwangi ialah terletak dari kicauan yang dihasilkan. Dimana kicauan cucak ijo banyuwangi cenderung lebih variasi atau banyak, terlebih lagi pada saat diaduk. Sedangkan kicauan cucak ijo kalimantan cenderung monotone atau kurang bervariasi.

Ukuran tubuh pendek serta tidak melengkungUkuran tubuh panjang serta sedikit melengkungUkuran ekor lebih pendek, kaku, serta tidak melengkungUkuran ekor lebih panjang, lentur, serta sedikit melengkungMemiliki warna hijau kekuning – kuninganMemiliki warna hijau tua pekat dan tampak jelasJambul tidak berdiri dan kurang atraktifJambul tampak berdiri dan lebih atraktifKicauan bervariasi, terlebih saat diadu

Hasil gambar untuk Cucak Ijo Kalimantan

Demikian itu untuk pembahasan mengenai Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan Dan Banyuwangi yang sekiranya pada kesempatan ini kami dapat sajikan untuk anda, mudah – mudahan saja dari sedikit pembahasan tentang perbedaan cucak ijo banyuwangi dan kalimantan yang baru saja kami berikan diatas tadi itu dapat memberikan banyak manfaat untuk anda. Terutama untuk anda – anda yang ingin membeli kedua jenis burung cucak ijo ini.

Sedangkan bagi anda yang kiranya masih merasa ingin mengetahui kembali beberapa pembahasan lainnya masih tentang burung cucak ijo, maka silahkan bagi anda untuk baca juga Cara Menjinakan Cucak Ijo. Barang kali saja ada diantara anda yang memiliki burung cucak ijo namun masih giras, maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda untuk melihat kembali tentang pembahasan burung cucak ijo lainnya tersebut yang sudah pernah kami berikan.

Adapun untuk anda yang mungkin merasa sudah mengetahui atau mungkin juga kurang merasa tertarik akan pembahasan tersebut, maka silahkan bagi anda untuk kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya lagi yang masih berhubungan dengan burung berkicau. Siapa tahu saja salah satu dari beberapa informasi tentang burung berkicau yang sudah pernah kami sajikan sebelumnya itu ada yang sesuai dengan informasi yang sedang anda cari.

Trending artikel yang sedang hits:
  1. daun binahong untuk cucak ijo
  2. perbedaan lovebird lightform dan albino
  3. ciri2 cucak ijo berau
  4. bedanya cucak jenggot jawa dan sumatera
  5. suara burung cikrok betina

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment