Obat Batuk Anak Untuk Mengobati Cucak Ijo Serak

Posted on

Burung Cucak Ijo sama seperti manusia yang gampang sakit saat cuaca buruk. Penyakit yang sering diderita burung Cucak Ijo adalah serak dan hilang suara. Burung yang didominasi warna hijau ini jadi jarang bunyi kalau suaranya serak. Nah, berdasarkan pengalaman kicau mania ternyata obat batuk anak bisa menyembuhkan serak hingga hilang suara pada burung Cucak Ijo.

Burung Cucak Ijo
Burung Cucak Ijo

Benarkah obat batuk anak dapat mengobati Cucak Ijo yang sedang serak dan hilang suara? Ternyata benar, karena sudah ada yang membuktikan dan Cucak Ijo yang awalnya serak hingga kehilangan suaranya langsung sembuh dalam waktu 3 bulan.

Pria yang berhasil menyembuhkan Cucak Ijo serak pakai obat batuk anak adalah Dian H2 BC. Cucak Ijo SS miliknya sampai tidak ikut lomba selama 3 bulan gara-gara suara burungnya serak. Untuk mengatasi masalah serak pada burung Cucak Ijo, dia melakukan segala cara, termasuk memberikan berbagai macam obat serak khusus untuk burung. Namun, semuanya tidak membuahkan hasil. Burung Cucak Ijo SS masih serak dan suaranya malah hilang hingga macet bunyi.

Diberi Obat Sirup Anak

Untung ada salah seorang temannya yang memberikan saran dalam pengobatan Cucak Ijo serak. Akan tetapi, saran yang diberikan terbilang tidak masuk akal. Kata temannya Cucak Ijo yang suaranya hilang dan serak bisa sembuh dengan obat sirup anak.Awalnya, Dian H2 BC sempat ragu dan takut karena obat batuk anak sudah diracik untuk menyembuhkan batuk pada anak. Kalau diberikan ke burung Cucak Ijo, efek sampingnya tidak diketahui, baik atau tidak. Meski begitu, Dian H2 BC tetap nekat memberikan sirup obat batuk anak ke Cucak Ijo SS.

“Sudah banyak obat untuk menyembuhkan masalah serak yang saya beli di kios-kios burung. Tapi tetep saja SS gak sembuh-sembuh. Akhirnya, ada teman yang menganjurkan untuk menggunakan sirup batuk anak. Sempat ragu dan takut, tapi nekad saja saya berikan. Alhamdulillah bisa sembuh dan kembali berprestasi,” jelas Dian H2 BC seperti yang dikutip dari Burungnews.com (23/4/2018).

Cucak Ijo Serak Langsung Sembuh

Hasilnya sesuai dugaan temannya, Cucak Ijo SS yang tadinya serak dan hilang suara langsung sembuh. Penyembuhan serak Cucak Ijo tidak berlangsung instan karena membutuhkan waktu hingga 3 bulan. Selama 3 bulan Cucak Ijo yang serak diberi obat batuk sirup anak secara rutin.

Cara Pemberian Obat Batuk Anak untuk Cucak Ijo Serak

Pemberian obat batuk sirup anak bisa dilakukan setiap hari tapi tidak boleh terlalu banyak. Takarannya pun sedikit saja dan dicampur pada air minum burung. Berikut cara lengkap memberikan obat batuk anak ke burung Cucak Ijo yang sedang serak dan hilang suara.

  1. Cucak Ijo diembunkan pukul 05.00-06.00 pagi setiap hari.
  2. Setelah diembunkan, Cucak Ijo dimasukkan ke dalam rumah.
  3. Cucak Ijo diberi sirup obat batuk anak yang dicampurkan ke dalam air minumnya dengan takaran sedikit saja.
  4. Setelah burung meminum obat tadi, air minumnya diganti dengan air minum biasa. Penggantian air minum dilakukan pada pukul 09.00 pagi.
  5. Walau obatnya cuma diminum sedikit tidak masalah karena sudah diberikan setiap hari.
  6. Selama pengobatan, Cucak Ijo serak tidak perlu dijemur, cukup diembunkan saja.
  7. Masa penyembuhan berlangsung cukup lama, tergantung seraknya parah atau tidak. Kalau Cucak Ijo SS bisa sembuh total dalam waktu 3 bulan.

Itu tadi cara mengobati Cucak Ijo serak dan hilang suara dengan obat batuk anak. Jika ingin mencoba cara ini Anda harus berhati-hati karena obat batuk anak sebenarnya tidak dianjurkan untuk burung Cucak Ijo. Sehingga, dampak dari pemberian obat tersebut menjadi tanggungjawab pemilik burung masing-masing.

Cara Alami Menghilangkan Serak Pada Cucak Ijo

Burung cucak ijo semakin digemari para kicaumania karena suaranya yang merdu serta gaya tarung yang khas yaitu sambil ngentrok dan jegrik. Suara yang merdu dihasilkan dari membran suara yang harus selalu dijaga agar burung ini tidak mengalami serak atau berlendir pada tenggorokannya.

Seperti kasus yang saya alami, burung cucak ijo serak karena kehujanan dan pada waktu itu saya tidak tau rawatan seperti apa untuk mengatasi pilek pada ijo ini. Saya sempat browsing dan belum menemukan racikan alami apa yang cocok untuk mengatasi tenggorokan yang berlendir pada burung ini dan pada akhirnya ada seorang teman yang menyarankan memberikan ramuan daun sirih merah (daun suruh merah) untuk mengobati karena katanya daun ini merupakan antibiotik alami yang sangat bagus.

OK.. itulah asal mula saya dapat menghilangkan suara serak pada cucak ijo saya, dan untuk lebih rincinya saya akan membahas bahan dan cara penanganannya :

Untuk bahan dan alatnya silahkan disediakan seperti dibawah ini:
  • 3 helai daun sirih merah (pilih yang besar dan tua)
  • Air secukupnya (taruh dalam panci kecil karena proses selanjutnya adalah direbus)
  • Sprayer untuk proses memandikan burung
Cara pembuatannya yang saya lakukan, seperti ini :
  • Rebus 3 helai daun sirih tersebut dengan 1 liter air (lebih baik daun sirih diremas-remas dulu)
  • Rebusnya sampai air berubah menjadi kecoklatan
  • Jika sudah dinginkan rebusan daun tersebut
  • Jika dirasa sudah dingin masukkan air tadi kedalam sprayer
Langkah penanganan, seperti berikut :
  • Jika burung masih dikerodong, buka kerodong burung lalu angin-anginkan sebentar
  • Jauhkan dari burung lain dulu takutnya sakitnya bisa menular atau malah burungnya drop karena mendengar burung lain yang gacor
  • Setelah diangin-anginkan mandikan burung menggunakan air rebusan daun sirih tadi sampai setengah basah
  • Jemur burung jangan lama-lama, usahakan dari jam 7 pagi sampai maksimal jam 10 pagi
  • Ganti air minum dengan rebusan air sirih juga
  • Untuk buah berikan pepaya dan apel karena menurut para ahli buah tersebut mengandung anti oksidan yang tinggi
  • Berikan EF jangkrik 3 ekor pagi/ sore dan berikan kroto segar yang bersih secukupnya setiap hari
  • Bersihkan sangkar sebersih mungkin agar bakteri dan jamur tidak dapat berkembang biak
  • Setelah proses penjemuran angin-anginkan dahulu sekitar 10 menit kemudian burung boleh dikerodong
  • Karantina burung ditempat yang sunyi agar burung menjadi tenang sehingga mempercepat proses penyembuhannya
  • Lakukan proses tersebut setiap hari sampai burung sembuh
Cara alami hilangkan serak pada cucak ijo ini sudah saya lakukan pada burung saya sendiri dan hasilnya cukup menggembirakan, dalam waktu kurang lebih 2 minggu burung saya sudah sembuh dan dapat berkicau lantang seperti biasanya. Jika burung sudah sembuh dengan maksimal lakukan perawatan harian agar burung dapat gacor dan ngentrok.
Semoga bermanfaat. Jangan ragu untuk bertanya 🙂
Trending artikel yang sedang hits:
  1. gambar burung cucak ijo gacor
  2. gambar cucak ijo gacor
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *