Loading...
Jenis Burung

MURAI BATU Smart Mastering & Masteran wajib Tipikal MB Lomba

MURAI BATU Smart Mastering & Masteran wajib Tipikal MB Lomba – Seperti yang sudah kita tahu semuanya, bahwa kini dunia hobi burung kicau semakin berkembang dengan pesat. Satu nama burung terpopuler di tahun ini adalah burung murai batu. Burung yang dijuluki The Best Of Song Bird in The World ini memang memiliki pesona yang luar biasa. Bukan hanya dari kualitas kicauannya yang sangat merdu, tampilan fisiknya pun sangat memanjakan mata dan memperlihatkan kegagahan dari jiwa burung sang petarung. Memaster burung murai batu sangat penting, terutama saat burung tersebut masih usia anak kisaran 4-5 bulan karena pada usia tersebut memory burung murai batu masih kosong dan sudah siap menerima suara masteran dengan daya ingat yang kuat.


kumpulan masteran murai batu


Saat ini kepopuleran murai batu merasuk ke berbagai kalangan. Burung murai batu menjadi burung istimewa yang harganya pun terbilang mahal, layaknya barang mewah seperti emas. Banyak even kontes burung  berkicau saat ini, burung murai batu merupakan burung yang tak pernah absen dari daftar burung yang dilombakan.


Kali ini paburung ingin sedikit berbagi tentang beberapa suara masteran terbaik untuk burung murai batu kategori lomba, namun tak ada salahnya juga jika diterapkan pada burung rumahan. Karena burung murai batu pada dasarnya adalah burung pintar yang bisa menirukan segala jenis suara burung lain terutama yang satu tipe dengan burung tersebut.


Bahkan ada suara burung yang sudah terasa wajib dimiliki burung murai batu, misalnya suara burung cililin. Hampir setiap burung murng murai batu lomba memiliki suara tembakan rapat dan juga panjang has burung cililin. Memang sangat merdu jika dinyanyikan oleh burung murai batu ini, terlebih jiwa tarung dari burung murai batu tak diragukan lagi, volume suranya sangat lantang dan gayanya sangan mewah menakjubkan. Tak heran burung murai batu menjadi incaran para kicau mania terutama sobat kicau yang memiliki kantong tebal, berapapun harga yang ditawarkan, jika burungnya istimewa dan pas dihati pasti dibayarnya. Karena sudah terlihat prospek kedepannya burung tersebut ngga akan malu-maluin dan bahkan bisa mengangkat namanya di dunia panggung burung kicau.


kumpulan suara masteran murai batu


1. Burung Cililin


Burung yang memiliki jammbul seperti lilin ini merupakan maestro burung masteran untuk murai batu, sepertinya kurang afdol jika burung murai batu lomba tidak memiliki suara tembakan kasar, rapat dan juga tajam has burung cililin. Ada dua jenis bruung cililin, yaitu cililin coklat dan juga cililin hitam. Kebanyakan sobat kicau lebih memilih cililin coklat untuk memaster burung murai batu calon juaranya.


Untuk saat ini, burung cililin sudah dirasa jarang dan harganya pun melambung mengikuti kepopuleran burung murai batu yang dominan dimasterinya. Untuk bisa langsung dijadikan masteran, tentunya sobat pilih burung cililin yang sudah gacor. Namun alternatif lain adalah memelihara suaranya saja dalam bentuk mp3 dan dibawah ini adalah contohnya.

document.createElement(‘audio’);

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment