Loading...
Tips

Merawat Burung Anis Kembang Biar Cepat Gacor

Anis kembang yang rajin bunyi atau gacor pasti akan memiliki harga yang sangat tinggi dan banyak peminatnya. Cara merawat anis kembang agar cepat bunyi dan gacor sebenarnya secara garis besar sama dengan perawatan harian anis kembang. Tetapi pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara merawat anis kembang agar cepat berkicau dan gacor.


ANISk

Selalu Rutin Membersihkan kandang

Untuk menjadikan anis kembang yang gacor dan berkualitas juga diperlukan kesadaran anda akan kebersihan kandang/sangkarnya. Bersihkanlah kandang setiap hari, termasuk membuang kotoran burung dan gantilah air minum burung setiap hari. Sebaiknya gunakan air minum yang telah dimasak atau air mineral.

Waktu Pemandian dan Penjemuran

Burung anis kembang sebelum dimandikan sebaiknya diangin-anginkan dulu di teras selama 30 menit. Setelah itu anda bisa memandikan burung anis kembang dengan semprot atau dengan karamba, disesuaikan dengan kebiasaannya. Penjemuran burung anis kembang agar cepat gacor bisa anda lakukan setiap hari di pagi hari. jam 8-10 pagi, dan sebaiknya tidak didekatkan pada burung anis kembang lain. Setelah dijemur burung diangin-anginkan di teras selama kurang lebih 10 menit, setelah itu dikerodong kembali.

Kenyamanan lingkungan

Burung adalah spesies yang terbiasa dengan suasana nyaman, begitu juga dengan anis kembang. Untuk itu agar burung kacer merasa nyaman dan tenang, pastikan suasana di sekitar rumah anda kondusif. jauhkan dari gangguan kucing, tikus, atau anjing. Karena jika selalu terganggu maka akan berpengaruh pada mental dan suara anis kembang itu sendiri. Buatlah suasana yang asri, sejuk, dan nyaman agar anis kembang anda merasa nyaman dan lekas gacor.

Pemasteran

Yang satu ini wajib anda lakukan agar anis kembang cepat gacor, yaitu dengan pemasteran suara. Pemasteran suara bisa dilakukan dengan suara burung master lain atau dengan mp3 player yang sekarang banyak tersedia. Pemasteran bisa dilakukan pada siang hari sampai sore hari (10.00-15.00), dan di malam hari sampai pagi. Untuk hasil yang maksimal, selama pemasteran anis kembang sebaiknya dikerodong. Pemasteran baik dilakukan saat kacer masih bakalan/anakan agar memori yang diterima akan selalu diingat oleh anis kembang saat dewasa nanti.

Pemberian Extra Food

Extra food adalah makanan tambahan bagi anis kembang untuk variasa menu makanan dan mencukupi kebutuhan nutrisinya. Untuk EF anis kembang, anda bisa memberikan jangkrik setiap hari. Sedangkan pemberian cacing, ulat hongkong, kroto diberikan hanya beberapa kali saja dalam seminggu. Anda bisa melihat info lengkapnya dibawah ini.


Tabel contoh pemberian ekstra food:


Setelah sukses dengan semua tips diatas, anda juga harus berhati-hati kalo suatu saat burung tersebut mengalami macet bunyi. Maka dengan itulah kami memberi tips terapi buat anis kembang. Terapi untuk anis kembang yang macet bunyi juga bisa dilakukan dengan menggunakan suplemen tambahan atau vitamin khusus. berikut ini adalah beberapa suplemen yang bisa digunakan untuk terapi burung anis kembang yang macet bunyi :


jika macet bunyi disebabkan gangguan pernafasan seperti serak. Jadi sebelum macet bunyi, sudah terdengar suara serak saat burung berkicau.


jika burung mengalami macet bunyi akibat kalah mental setelah mengikuti lomba / latber, atau ditrek dengan anis kembang lainnya. Suplemen ini juga bisa mengatasi macet bunyi yang disertai dengan gejala suka turun tangkringan.


untuk burung yang macet bunyi setelah mabung, biasanya disertai pula dengan gejala suka mengantuk, takut menghadapi burung lain.


Dengan perawatan yang teratur dan konsisten, burung anis kembang yang macet tersebut diyakini bisa kembali menuju Top Formnya dan akhirnya bisa kembali bersuara lantang mengerollkan segala kemampuan dan isiannya untuk menyenangkan hati anda. demikian beberapa tips kami dari muali pemeliharaan anis kembang sampai dengan mengatasi macet bunyi burung kesayangan anda.

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment