Meningkatkan Birahi Lovebird Ternak Agar Cepat Produksi

Posted on

Meningkatkan Birahi Lovebird – Beternak lovebird merupakan salah satu usaha yang banyak digandrungi oleh para kicau mania sekarang ini. Pasalnya burung ini menjadi primadona kicau dan primadona burung warna di Indonesia sekarang ini.

Burung Lovebird Dewasa
Burung Lovebird Dewasa

Tetapi dalam ternak lovebird ada saja kendala yang kadang dihadapi, salah satunya yaitu lovebird tidak kunjung kawin dan lama bertelurnya. Hal ini diakibatkan karena stress pada lovebird ataupun kondisi lovebird belum siap di ternak karena birahi kurang.

Untuk meningkatkan birahi lovebird masih banyak pemula yang tidak faham cara efektif dalam penggejotan birahi pada lovebird yang akan diternak. Mungkin buat beberapa orang sudah sangat banyak yang berhasil namun banyak pula yg belum berhasil dengan lovebirdnya.

Ok akan kita bahas satu persatu detailnya untuk meningkatkan birahi lovebird.

  • Pahami karakter lovebird yang kita punya terhadap EF, karena beberapa lovebird mempunyai sensitivitas yang berbeda terhadap EF. Ada yang langsung birahi setelah diberi jagung, ada juga yang tidak birahi, setiap burung berbeda-beda.
  • Jadi EF yang kita berikan harus tepat agar tidak mubazir, karena tiap lovebird beda kesukaan EF masing-masing.
  • Untuk jenis EF yang bisa meningkatkan birahi yang saya tahu ada beberapa jenisnya.
  • kangkungjagungtauge/kecambahapelwortelkwacisawi hijaubiji fumayinTebu
  • Dari 9 jenis EF tersebut tidak semuanya harus kita berikan, tapi berikan tiap hari yg paling dia suka. Jika suka lebih dari satu jenis EF bisa diseling.
  • Mandi adalah sebuah keharusan buat lovebird untuk menaikan birahinya. Untuk mandinya bisa dilakukan malam hari pada jam 9 atau 10 malam.
  • Baiknya didalam ruangan dan sekira hampir kering (dadanya sudah kering bulu sayapnya masih terlihat belum kering benar) bisa langsung krodong sampai pagi.
  • Jemur juga sangat berperan penting, penjemuran bisa dimulai pagi hari sampai terlihat dibuka paruh, kalau tidak bisa pagi siang atau sorepun bisa dilakukan.
  • Selepas jemur bisa diangin-anginkan sebentar, lalu full krodong sampai nanti mau dimandikan malam. Sekira tidak ada matahari dimusim penghujan ga usah dijemur tidak masalah.
  • Kandang kapsul ini juga mempunyai peran penting dalam meningkatkan birahi lovebird. Jadi baiknya lovebird yang akan kita genjot birahinya ditaruh dikandang kapsul sendiri secara terpisah.
  • Dan yang paling penting itu tidak saling lihat satu sama lainnya baik saat mandi, jemur alias tidak saling lihat sama sekali (kalau dengar suara masih boleh). Sekira lahan yg kita punya sempit bisa diakali dengan sekat atau setengah krodong dikandang kapsul.
  • Lakukan 4 langkah tersebut secara konsisten paling cepat 10 harian sudah kenceng birahinya dan paling lambat 1 atau 2 bulan (tergantung usia lovebird juga). Dan saat terlihat kencang birahinya mulai kita pertemukan.
  • Jika tingkat birahi sama-sama tinggi atara jantan dan betina, saling gelisah jika dengar suara lawan jenis, jika jantan biasanya ngangguk-ngangguk cepat lalu rendengkan sebentar (3 sampai 5 menit) masukan dan akan langsung sisir-sisiran bahkan bisa langsung kawin.
  • Selanjutnya tinggal masukan kandang ternak (soal pola perawatan dukandang ternak bisa membaca : cara ternak lovebird) dan tugas kita tinggal banyak berdoa saja selebihnya biarkan rezeki kita yg bicara.

Alkhamdulillah bukan 1 atau 2 orang yg berhasil dan laporan dengan saya tapi sudah ribuan dan metode ini memang bertolak belakang dengan metode perjodohan umumnya namun disini saya tekankan disini tidak main jodohan tapi main birahi lovebird.

Karena kalau kita sudah bisa memahami dan memainkan birahinya akan sangat banyak kemudahan yang kita dapat, kita bisa memainkan poligami saat kekurangan jantan.

Sumber : padepokan cheniel dengan sedikit pengubahan.