Pleci

Mengenal jenis pleci wangi-wangi

pleci wangi wangi

Pleci wangi-wangi

Pleci wangi-wangi atau wangi-wangi white eye (Zosterops sp. nov.) adalah jenis terbaru dari burung kacamata yang diemukan pada tahun 2003 lalu di Pulau Wangi-Wangi, Sulawesi Tenggara. 

pleci wangi-wangi2

Pleci wangi-wangi

Selain memiliki tubuh yang lebih besar dari pleci yang banyak ditemukan di wilayah tersebut  yaitu Pleci kuning atau Lemmon-bellied whiteeye (Zosterops chloris), pleci ini pun dianggap memiliki keterkaitan dengan Pleci Sulawesi atau Pale-bellied white eye (Zosterops consobrinorum) meski banyak perbedaan yang terlalu mencolok.
Pleci wangi-wangi memiliki paruh yang lebih besar dan berwarna kekuningan, penampilan paruhnya itu tentu sangat berbeda dengan jenis pleci kebanyakan yang umumnya berwarna kehitaman. 

Penemuan pleci wangi-wangi ini dilaporkan oleh Nicola Marples, seorang dosen zoologi dari Trinity College, Dublin, Irlandia pada tahun 2003 lalu.   


pleci wangi-wangi3

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment