Loading...
Tledekan

Mengenal Burung Tledekan Bahari, Cyanoptila cyanomelana, atau Selendang biru

Burung Tledekan Bahari – atau sering juga di sebut dengan Cyanoptila cyanomelana,  Selendang biru atau dalam bahasa inggris di kenal dengan nama Blue-in addition to-white flycatcher. Sebenarnya berbicara mengenai burung tak akan pernah ada habisnya. Jenis burung ada ribuan. Terutama untuk burung kicauan. Disorientasi satu jenis burung kicuan yang mempunyai banyak penggemar merupakan burung selendang biru. Burung ini bukan merupakan nama suatu lagu. Sering dikenal dengan nama kicau tledekan Bahari, mungkin kita ingin memelihara burung ini, tapi belum paham mengenai karakter dan cara merawatnya. Kita akan bahas semuanya disini.

Seputar Burung Tledekan Bahari, Cyanoptila cyanomelana, atau Selendang biru

Mengenal Burung Tledekan Bahari, Cyanoptila cyanomelana, atau Selendang biru

Burung Selendang biru atau sering di sebut juga denagan burung tledekan Bahari ini, termasuk jenis burung kicau petarung. Banyak ditemukan di daerah china, asia tenggara dan semenanjung malaysia. Di indonesia banyak ditemukan di sumatera, jawa dan kalimantan.

Ukuran tubuhnya tak begitu besar. mempunyai bulu berwarna biru dengan bagian leher berwarna hitam. di bagian bawah tubuhnya berwarna putih Higienis. Ukurannya sekitar 16 cm. Untuk yang jantan warna bulunya biru muda dan betina berwarna agak kecoklatan. Bagian tubuh betina atas coklat abu dan disekitar lingkar mata berwarna kuning kecoklatan.

Burung Selendang biru / Tledekan Bahari

Jenis burung selendang biru ini sangatlah banyak sekali. Ada tlendekan Bahari selendang biru, indigo, telndekan gunung dan masih banyak lainnya. Burung ini selalu Hayati berkelompok dan mempunyai suara yang nyaring. Untuk menarik lawan jenisnya, ia akan berkicau dan mengepakkan sayapnya. Selain itu tak mempunyai kebiasaan lain yang unik. Mudah untuk di pelihara di karenakan memang mudah untuk dijinakkan n burung ini juga merupakan burung petarung. Jadi bila bertemu dengan lawan mudah untuk bertarung. Oleh di karenakan itu kita wajib meletakkannya berjauhan dengan burung yang lainnya. di karenakan Bisa membuatnya tak tenang dan berpengaruh di tubuh kembangnya.

Makanan burung ini cukup mudah. Bisa diberi serangga, buah-buahan atau biji-bijian. kita Bisa membagikan jangkrik di pagi dan sore hari sebanyak 2-3 ekor. Selain itu Bisa memberi ulat hongkong dan kroto 2 hari sekali sekitar 1 sendok teh. Untuk membuat tubuh tetap sehat diberi vitamin dan voer untuk melonjakkan suaranya. Dosis makanan yang diberikan wajib tetap, supaya membuat pertumbuhannya semakin bagus. Untuk burung yang pertama kali dibawa dari hutan, pemberian veor dan kroto wajib tepat.

Suara burung ini sangat unik dan indah. Nyanyiannya begitu manis, menurun tiga nada lalu akan naik lagi, ini membuat kicauan yang ia keluarkan sangat unik nan indah, terkadang muncul suara parau di kerongkongnya. bila kita penasaran, silahkan lihat suara burung selendang biru dibawah ini.

saat berkicau dia akan menegakan kepalanya ke atas dan membuat gerakan yang unik. Suara yang dikeluarkan Bisa menjadi Asterik untuk lawan atau menarik perhatian betina. Suaranya naik turun membuat suara yang dikeluarkan sangat merdu, burung ini terkenal sebagai burung yang banyak berkicau.

Fisik burung ini memang sangat indah. Apalagi dengan jenis yang banyak sekali. Setiap jenis mempunyai daya tarik yang Bhineka. Yang paling terkenal memang yang berwarna biru., dengan warna biru menyala yang indah. Apalagi untuk jenis yang jantan, mempunyai warna bulu yang lebih indah dengan perpaduan warna putih. Warna burung jantan lebih terang dibandingkan burung yang betina. Untuk yang betina warna bagian bawah abu-abu kecoklatan. Bahkan warna birunya juga lebih kusam.

Harga burung yang mempunyai warna indah dan suara merdu ini tak mahal. Bahkan semua orang Bisa memilikinya. Harga untuk dewasa hutan hanya sekitar Rp 40.000 aja. Untuk trotolan sekitar Rp 100.000. Yang sudah ngeriwik sekitar Rp 0.000 dan yang sudah gacor diatas rp 300.000. Jadi semakin gacor suara yang dikeluarkan akan semakin mahal harganya.

Apalagi mempunyai warna bulu yang Higienis dan bagus, akan membuat harganya semakin mahal. Itulah sedikit informasi mengenai burung selendang biru, semoga Bisa membagikan informasi yang bermanfaat buat kita.

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment