Home / Pengetahuan / Mengenal Burung Kicau Wiceh dan Suara Kicau Wiceh

Mengenal Burung Kicau Wiceh dan Suara Kicau Wiceh

Nama Latin : Anthreptes malacensis (Scopoli, 1786)
Nama Inggris : Brown-throated Sunbirds
Nama Lain: Sogok ontong, Kolibri kelapa

Deskripsi :
Berukuran sedang (13 cm), berwarna-warni. Jantan: mahkota dan punggung hijau bersinar; tunggir, penutup sayap, ekor, dan setrip kumis ungu bersinar; pipi, dagu, dan tenggirokan coklat tua buram, bagian lain pada tubuh bagian bawah kuning. Betina: tubuh bagian atas hijau-zaitun, tubuh bagian bawah kuning muda.
Iris merah, paruh hitam, kaki hitam abu-abu.

Burung Wiceh jantan
Burung Wiceh jantan

Suara:
Kerikan bernada tinggi: “kelicap, twiit-twiit-twiit” atau lagu sederhana “wi-ciuw, wi-chiuw …” yang diulangi terus-menerus.

Penyebaran global:
Asia tenggara, Filipina, Semenanjung Malaysia, Sunda Besar dan Nusa Tenggara, dan Sulawesi.

Penyebaran lokal:
Burung dataran rendah yang tersebar luas dan umum sampai ketinggian 1.200 m, di seluruh Sunda Besar (termasuk pulau-pulau kecil di sekitarnya).

Burung Wiceh betina
Burung Wiceh betina

Kebiasaan:
Umumnya sama dengan Burung-madu Sriganti, penetap yang dikenal baik di pekarangan terbuka, perkebunan kelapa, semak pantai, dan hutan mangrove. Bersifat teritorial secara agresif, mengusir burung-madu lain dari pohon sumber makanan yang disukainya, seperti Loranthus, Musa, dan Hybiscus.

Makanan :
Nektar bunga yang berbentuk terompet pada benalu, pisang, kenbang sepatu. Juga memakan serangga, ulat, laba-laba, dan buah yang lembut.

Perkembangbiakan :
Telur 2 butir diletakkan dalam sarang yang tergantung, berbentuk kantung terbuat dari serat rumput yang dijalin dengan sarang laba-laba dan dilapisi dengan kapas rumput. Berbiak sepanjang tahun

Mengenal Burung Kicau Wiceh, Burung wiceh atau nama latinnya Anthreptes Malacensis merupakan burung kecil berukuran sedang (12 cm) pemakan Nektar bunga yang berbentuk terompet pada benalu, pisang, kenbang sepatu. Juga memakan serangga, ulat, laba-laba, dan buah yang lembut. Ada perbedaan warna bulu antara yang jantan dan betina untuk jantan memiliki mahkota dan punggung berwarna hijau bersinar; tunggir, penutup sayap, ekor, dan setrip kumis berwarna ungu bersinar; pipi, dagu, dan tenggirokan berwarna coklat tua buram, bagian lain pada tubuh bagian bawah berwarna kuning.

Betina: tubuh bagian atas berwarna hijau-zaitun, tubuh bagian bawah berwarna kuning muda.

Burung Wiceh juga sangat digemari oleh para sahabat majalahkicau karen suaranya yang bernada tinggi kelicap, twiit-twiit-twiit” atau lagu sederhana “wi-ciuw, wi-chiuw …” yang diulangi terus-menerus. Umumnya sama dengan Burung-madu Sriganti, penetap yang dikenal baik di pekarangan terbuka, perkebunan kelapa, semak pantai, dan hutan mangrove. Bersifat teritorial secara agresif, mengusir burung-madu lain dari pohon sumber makanan yang disukainya, seperti Loranthus, Musa, dan Hybiscus.

Burung Wiceh adalah salah satu burung dataran rendah yang tersebar luas dan umum sampai ketinggian 1.200 m, di seluruh Sunda Besar (termasuk pulau-pulau kecil di sekitarnya).burung Wiceh berkembangbiak dengan cara bertelur, yaitu sekitar 2 butir telur sepanjang tahun diletakkan dalam sarang yang tergantung, berbentuk kantung terbuat dari serat rumput yang dijalin dengan sarang laba-laba dan dilapisi dengan kapas rumput.

Perawatan burung kolibri kelapa

Burung Sogok ontong, kolibri kepala atau Wiceh burung jenis maduan ini biasa disebut di kalangan penghobi Burung. Biasanya Wiceh berkicau menjelang pagi hari atau siang hari di atas pohon-pohon yang tinggi.

Sogok ontong biasanya berbunyi dengan aneka laguan, seperti tembakannya yang khas dan juga laguannya berupa wwiiit cuit..cuit..wwiiit cuit..cuit..

Kolibri kelapa atau Sogok ontong
Sogok ontong merupakan jenis burung maduan dan pemakan serangga-serangga kecil di pepohonan, Sogok ontong biasanya mengkonsumsi madu atau sari bunga di pepohonan.
Sogok ontong rupanya juga banyak dilirik oleh kicau mania untuk digunakan sebagai burung masteran, cukup banyak juga penghobi kicau burung yang jagoannya sering menjuarai lomba burung dengan materi isian burung Sogok ontong yang cukup khas. Jika Anda mulai tertarik memelihara atau ingin mengkoleksi Sogok ontong di rumah untuk dijadikan klangenan atau masteran, tips perawatan ini bisa Anda jadikan referensi untuk memelihara burung maduan ini.

Perawatan harian burung Sogok ontong.

  1. Lakukan penjemuran setiap paginya selama 15 menitan.
  2. Beri ulat kandang sebanyak ½ sendok saja.
  3. Untuk kroto berikan 3 hari sekali saja dalam 1 minggu, jadi seminggu 2x.
  4. Sebagai pakan harian sediakan madu, susu kental atau air gula di dalam sangkarnya.
  5. Air putih atau air biasa juga harus selalu tersedia di dalam sangkarnya, sebagai air minum dan juga sekaligus untuk mandi burung.
  6. Selesai penjemuran, burung cukup diangin-anginkan atau digantang di tempat yang sejuk dan nyaman sampai sore dan malamnya sangakr burung bisa dikerodong.
Untuk serangga kecil sebisa mungkin selalu tersedia meskipun porsinya sedikit tidak apa-apa namun setiap hari selalu diberi serangga, sedangkan sebagai pengganti nektar berupa susu kental, madu atau air gula bisa diberikan selang-seling bergantian dan perhatikan mana yang paling disukai burung.
Jika Anda sudah memiliki burung ini, rawat dan beri pakan sebaik mungkin jangan sampai mati karena burung maduan ini juga termasuk burung jenis pembantu proses penyerbukan di alam bebas sehingga keberadaannya juga termasuk burung dilindungi oleh pemerintah.

About Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Lihat juga

Rahasia Telur Kenari menetas cepat, banyak dan optimal 1

Rahasia Telur Kenari menetas cepat, banyak dan optimal

Tips Rahasia membuat Telur Kenari menetas cepat, banyak dan maksimal, Burung kenari masih menjadi salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 0818420218