Loading...
Drongo Pengetahuan

Mengenal Burung Drongo Part. I

Gudang Butung – Drongo, burung dengan ekor bercabang yang hidup di Afrika, bisa jadi merupakan burung paling cerdik sekaligus penipu ulung di kerajaan binatang.Para ilmuwan pada Kamis (1/5) menggambarkan bagaimana burung berukuran sedang itu denga…

 
 
Drongo, burung dengan ekor bercabang yang hidup di Afrika, bisa jadi merupakan burung paling cerdik sekaligus penipu ulung di kerajaan binatang.
 
Para ilmuwan pada Kamis (1/5) menggambarkan bagaimana burung berukuran sedang itu dengan berani memperdaya binatang lain dengan menirukan tanda bahaya dari sejumlah spesies burung, dan bahkan meerkat.
Burung itu menirukan suara peringatan akan adanya predator yang mendekat supaya korban mereka takut dan pergi sehingga mereka bisa mencuri makanan yang ditinggalkan.
Para peneliti melacak 64 drongo dengan ekor bercabang sepanjang hampir 850 jam di Gurun Kalahari, Afrika Selatan, yang berdekatan dengan perbatasan Botswana untuk mengungkap perilaku unik burung-burung tersebut.
“Mereka seperti burung iblis hitam bermata merah, dengan paruh berkait dan ekor bercabang,” kata ahli evolusi biologi Tom Flower dari University of Cape Town di Afrika Selatan.
“Mereka juga sangat agresif dan terkenal suka menyerang elang dan rajawali, yang tampaknya sama sekali tidak mereka takuti,” kata Flower, yang hasil studinya dipublikasikan dalam jurnal Science.
Burung-burung yang umum ditemui di selatan Afrika ini biasanya mencari makanan dengan cara jujur seperti menangkap serangga di udara menggunakan keahlian luar biasa mereka.
Namun di lain waktu, seperti pagi yang dingin ketika hanya ada sedikit serangga terbang di sekitar mereka, burung-burung drongo berbalik ke “dunia kejahatan.”
Loading...

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment