Uncategorized

Mengenal burung Cici merah bersuara unik

Burung cici merah merupakan burung kicauan dari keluarga Cisticolidae yang memiliki tubuh mungil. Burung ini dikenal juga sebagai burung penjahit yang pandai menjahit sarangnya dengan menggunakan jaring laba-laba sebagai benangnya. Selain kemampuannya…

cici merah

Burung cici merah merupakan burung kicauan dari keluarga Cisticolidae yang memiliki tubuh mungil. Burung ini dikenal juga sebagai burung penjahit yang pandai menjahit sarangnya dengan menggunakan jaring laba-laba sebagai benangnya. Selain kemampuannya tersebut, cici merah juga terkenal dengan suaranya yang khas.

Pada musim kawin dan berkembang biak, burung jantan dari cici merah ini akan memiliki tunggir yang berwarna kecoklatan dan kepala yang berwarna oranye-keemasan, bulu-bulu di atas kepala mereka akan berdiri / menjambul pada waktu berkicau. Di luar musim kawin, penampilan burung jantan dengan betina sama-sama memiliki kemiripan.

Sepintas penampilan mereka lebih mirip dengan cici padi, namun jika diperhatikan, perbedaan akan tampak dari warna alis mata yang berwarna kuning-tua, yang sama dengan warna pada sisi leher dan tengkuknya.

Cici merah yang dalam sebutan internasional dikenal dengan nama Golden-headed cisticola (Cisticola exilis) memiliki penyebaran global yang meliputi kawasan India hingga Asia Tenggara, termasuk Indonesia yang menyebar mulai dari Sunda Besar (Sumatera, Kalimantan, Jawa), Bali, Nusa Tenggata, Sulawesi, Maluku hingga Papua. 

Burung mungil yang berpenampilan cantik ini banyak ditemukan di area persawahan, padang rumput dan semak belukar. Mereka biasanya mencari makanan dengan cara mengais diantara rerumputan untuk mencari serangga.

Pada musim berkembang biak, burung cici merah akan mengumpulkan bahan-bahan sarang yang terdiri dari rerumputan, alang-alang dan bahan lainnya. Kemudian burung ini akan mencuri sarang laba-laba, lalu menggunakan jaring laba-laba tersebut untuk menjahit dan menyatukan bahan-bahan sarang sehingga menjadi sebuah sarang yang lebih kokoh dan kuat.

Suara cici merah 

Download suaranya 

Semoga manfaat

 

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment