Mengatasi burung cucak hijau yang tidak mau Berbunyi

Posted on
cucak hijau 2
Cucak Hijau

Cucak hijau termasuk jenis burung yang pintar menirukan suara kicauan burung lain dengan cepat, selain itu juga dikenal sebagai burung dengan karakter yang emosian, labil dan mudah terpancing untuk berbunyi. Namun satu hal yang sering membuat galau pemiliknya adalah burung yang enggan mengeluarkan suara isiannya ketika dilombakan, meski ketika di rumah burung ini cukup rajin berbunyi.

Permasalahan burung cucak hijau yang enggan mengeluarkan suara isian biasanya terjadi karena beberapa hal yang menyangkut karakter, perawatan, dan kondisi burung itu sendiri. Berikut beberapa hal yang kemungkinan besar merupakan penyebab mengapa cucak hijau tidak mau mengeluarkan suara ketika dilombakan:

  • Usia burung yang masih muda
  • Burung yang jarang dilatih
  • Baru pertama kali ikut lomba
  • Kurang stamina / kurang fit misalnya sakit atau sedang mabung
  • Burung yang kurang birahi atau terlalu birahi (OB)

Jangan paksa burung muda berlomba
Jika burung masih berusia muda atau baru nopeng sebaiknya jangan dipaksa untuk ikut dalam sebuah lomba burung karena hal ini bisa mempengaruhi karakter dan mentalnya apalagi kalau burung tersebut  belum siap untuk bertarung.
Sebaiknya tunggulah hingga burung itu benar-benar telah berada dalam kondisi yang siap tempur, tapi sebelum itu terjadi anda terlebih dahulu harus menggodoknya agar memiliki stamina dan mental yang baik. 

Melatih stamina bisa dilakukan dengan cara mengatur pola penjemuran dan sesekali mengumbarnya dalam kandang umbaran. Selain itu, untuk mendukung kegiatan tersebut burung harus mendapatkan asupan multivitamin yang bisa meningkatkan stamina burung pada saat dan setelah dilatih. 

Selain itu sering-seringlah melatih burung dengan memutarkan suara rekaman burung lain yang diputar dengan volume suara yang kencang agar nantinya burung tersebut terbiasa mendengar suara kicauan burung lain yang mempunyai suara cukup keras ketika sedang dilombakan. Di samping itu juga cukup bermanfaat dalam melatih mental burung agar tidak mudah kagetan ketika ditandingkan, terutama untuk burung yang baru pertama kalinya ikut serta dalam sebuah lomba burung.
Setelah yakin burung sudah dalam kondisi siap lomba, maka perawatan berikutnya adalah mengatur ulang pemberian pakan tambahan (EF) yang biasanya dimulai satu – dua minggu sebelum burung dilombakan. Namun karena karakter masing-masing burung itu berbeda-beda maka sudah tentu anda tidak bisa begitu saja meniru perawatan dari pemilik burung cucak hijau lainnya, akan tetapi bentuk perawatan yang bisa dilakukan adalah:

  • Mengatur ulang pemberian pakan tambahan untuk membuat birahi burung stabil, misalnya beberapa hari menjelang lomba burung hanya diberikan pakan tambahan (EF) secukupnya, dan pada hari-hari terakhir menjelang dilombakan pemberian EF mulai lebih ditingkatkan.
  • Jika burung sudah cukup umur atau mapan maka pengecasan dengan burung betina sewaktu-waktu bisa sangat diperlukan terutama untuk meningkatkan birahi burung sehingga bisa tampil lebih maksimal ketika dilombakan.

Itulah beberapa hal mengenai penyebab dan bagaimana mengatasi burung cucak hijau yang enggan bongkar isian ketika dilombakan. Bagian terpenting dalam perawatan cucak hijau untuk lomba adalah menjaga stamina burung tersebut, yaitu dengan tidak membuat mereka terlalu banyak mengeluarkan aktivitas yang tidak perlu, misalnya rajin berkicau pada jam-jam ketika burung seharusnya beristirahat yaitu pada waktu siang hari atau malam hari, dan menjaga kondisi tubuhnya dengan menyediakan multivitamin yang tepat. 

Semoga bermanfaat

Trending artikel yang sedang hits:
  1. perawatan cucak ijo supaya cepat nopeng
  2. cucak ijo cepat nopeng
  3. cara membuat cucak ijo cepat nopeng
  4. ciri cucak ijo sudah tua
  5. ciri ciri cucak ijo jantan yang belum nopeng
  6. ciri cucak ijo kurang birahi
  7. cucak ijo kurang birahi
  8. cucak ijo nopeng umur berapa bulan
  9. tanda cucak ijo kurang birahi
  10. Ciri ciri cucak ijo kurang birahi
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *