Mengajari burung makan voer dengan ulat hongkong

Posted on

Salah satu hal yang sering diabaikan oleh penggemar pemula ketika terutama setelah membeli burung kicauan yang masih bakalan adalah tidak merawatnya sesuai kebutuhan. 

Misalnya saja burung tersebut tetap diberikan pakan voer padahal burung yang baru dibelinya itu belum pernah mengenal voer atau belum dilatih makan voer. Untuk itulah, tulisan berikut mengajak anda mencoba cara baru bagaimana melatih burung bakalan agar mau makan voer. 

Untuk melatih burung makan voer, bahan makanan yang disiapkan adalah pakan voer tinggi protein, misalnya pakan voer khusus ayam dengan serangga. Kalau umumnya kita menggunakan kroto dalam melatihnya, namun pada kali ini kita akan melatih burung makan voer dengan ulat hongkong. 

Cara melatih burung makan voer 

Tumbuk voer yang akan digunakan hingga menjadi serbuk, setelah itu masukkan voer yang sudah halus itu ke dalam wadah, campurkan dengan beberapa ulat hongkong yang bisa cukup untuk seharian. Sekarang, potong kecil-kecil ulat hongkong yang ada dalam wadah voernya lalu aduk hingga voer dan potongan ulat hongkong bercampur merata. 

melatih burung makan voer


Siapkan cepuk pakan yang transparan atau terbuat dari plastik, hal ini sangat penting agar burung bakalan tersebut bisa menganggap voer sebagai makanannya.  

Berikan pakan itu setiap hari selama beberapa hari. Satu-satunya ciri bahwa burung sudah mengkonsumsi pakannya itu adalah bentuk kotorannya. 

Selama mengkonsumsi pakan itu, kotoran burung akan berubah bentuk dari yang tadinya berupa cairan berwarna keputihan akan berubah menjadi berwarna kehijauan dengan bentuk yang kental hingga keras. Setelah terlihat perubahan pada bentuk kotorannya itu, maka porsi ulat hongkong bisa sedikit demi sedikit dikurangi ketika membuat pakan untuk melatih burung makan voer. 

melatih burung makan voer
kotoran burung sebelum dan sesudah makan voer



Semoga bermanfaat

Trending artikel yang sedang hits:
  1. cara agar pleci mau makan ulat hongkong
  2. Cara melatih kacer makan voer
  3. cara agar cendet mau makan voer kering
  4. cara merawat kacer biar makan voer
  5. cara merawat kacer bahan agar makan pur
  6. pleci tidak mau makan ulat hongkong
  7. cara merawat kacer biar cepat makan voer
  8. melatih kacer makan voer
  9. cara kacer cepat makan voer
  10. cara kacer makan voer
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *