Loading...
Pengetahuan

Memilih Murai Batu – Segi Kretekan

 

Gudang Burung  – Memilih Murai Batu bakalan tak hanya diperhatikan segi fisik, usia, maupun tingkah lakunya saja. Tetapi juga suara kretekannya. Apa itu kretekan?

Kretekan yang bagus adalah kretekan keras. Kretekan keras tidak berkorelasi atau berbanding lurus dengan volume yang keras. Banyak burung yang kretekannya biasa saja tetapi bisa menyuarakan lagu dengan volume dahsyat.

Usahakan memilih Murai Batu yang memiliki kretekan relatif panjang, karena nafas burung untuk berkicau lebih panjang durasinya. Serta Murai Batu yang bagus memiliki suara kretekan yang beruntun dan lebih dari sekali.

Jikalau memang susah mendapatkan Murai Batu yang demikian, alagkah bagusnya anda mendengarkan suara burung Murai Batu yang lain. Karena kretekan burung bisa diasah dengan syarat umur Murai Batu belum memasuki 6 bulan.

Demikian tips yang dapat saya sampaikan. Bukan bermaksud menggurui, hanya sekedar berbagi tentang pengalaman pribadi serta pengalaman teman-teman penghobi lainnya. Salam kicau. (rsp)
Loading...

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment