Loading...
Lyrebird Pengetahuan

Lyrebird burung seribu macam suara tapi tak memiliki suara asli

LyrebirdLyrebird atau superb lyrebird dikenal sebagai burung yang pandai menirukan berbagai suara dan karena kemampuannya itu burung yang berasal dari Australia ini mendapat julukan sebagai “selebritisnya burung” setelah David Attenborough dari BBC Inggris memperkenalkannya pada dunia melalui sebuah film dokumenter. 

Uniknya lagi lyrebird ternyata tidak memiliki suara asli melainkan hanya berkicau dengan suara-suara yang didengarnya. Suaranya yang unik ini pun bisa anda manfaatkan untuk memaster burung-burung kesayangan.

Selain dikenal dengan kemampuan mimikrinya, lyrebird (Menura novaehollandiae) ternyata memiliki perilaku yang bisa mengurangi resiko kebakaran hutan. Hal itu terungkap dalam sebuah penelitian terbaru yang mengamati kebiasaan burung tersebut membersihkan sampah dan biji-bijian yang berserakan di atas tanah.

Kebiasaan burung lyrebird yang mengais-ngais sampah yang berupa gundukan ranting atau daun kering untuk mencari makanan ternyata berguna untuk menjaga kelestaraian hutan dengan membuat lantai hutan tetap terbuka, kata pakar kebakaran hutan, DR Steve Leonard dari Universitas La Trobe.

Selama ini lyrebird dikenal memiliki kemampuan menirukan berbagai macam suara yang tidak terbatas. Selain menirukan berbagai macam suara burung atau hewan lainnya, mereka juga mampu meniru suara-suara yang umum di lingkungan manusia seperti suara alarm, pistol-pistolan, gergaji mesin, sirine polisi, bahkan suara manusia.

Karena itulah untuk menambah keunikan suara kicauan dari burung peliharaan anda, berikut beberapa macam suara burung lyrebird yang bisa anda dengar atau download sebagai suara masteran.

Suara burung lyrebird variasi 1

DOWNLOAD

Suara burung lyrebird variasi 2

DOWNLOAD

Suara burung lyrebird variasi 3

DOWNLOAD

Suara burung lyrebird variasi 4

DOWNLOAD

Suara burung lyrebird variasi 5

DOWNLOAD


Untuk berlangganan suara dan video masteran silakan subscribe via Youtube: 


Semoga manfaat


Loading...

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment