Loading...
Kenari

Kenari gunung, burung asli Indonesia yang semakin langka

kenari gunung

Kenari gunung, burung asli Indonesia

Tidak begitu banyak penggemar burung yang tahu kalau Pulau Jawa pernah menjadi habitat spesies burung kenari asli Indonesia. Jenis burung yang dikenal dengan nama kenari gunung atau kenari melayu ini memiliki nama lain Mountain serin (Serinus estherae), selain itu spesies ini disebut juga dengan sebutan Javan greenfinch, Sunda sering atau Indonesia serin. Jenis kenari ini merupakan kenari asli Indonesia yang semakin sulit ditemukan.

Kenari gunung berasal dari keluarga besar Fringillidae dan memiliki habitat di daerah-daerah dataran tinggi yang terpencil mulai dari kawasan Sunda Besar hingga Sulawesi dan Filipina. Pada tahun 1940, Chasen mendeskiripsikan spesies yang ditemukan di Pegunungan Tengger, Jawa Timur dengan nama Serinus estherae orientalis, sedangkan spesies yang pertama ditemukan adalah Serinus estherae estherae yang ditemukan di Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat. Setelah itu beberapa jenis spesies ini kembali ditemukan di daerah Pegunungan Leuser Sumatera (Serinus estherae venderbilti). Penegasan terhadap ciri-ciri khas burung yang berasal dari Jawa TImur dan Jawa Barat mulai dilakukan pada tahun 1996.

HIngga kini, tercatat lima subspesies dari kenari gunung yang empat di antaranya memiliki penyebaran di kawasan Indonesia, yaitu:

  1. Serinus estherae vanderbilti  (Meyer de Schauensee, 1939) – Sumatra  Selatan (Gunung Leuser).
  2. Serinus estherae estherae (Finsch, 1902) – Jawa Barat ( Gunung Pangrango )
  3. Serinus estherae orientalis (Chasen, 1940) – Jawa Timur ( Gunung Tengger dan Wayang ).
  4. Serinus estherae renatae (Schuchmann & Wolters, 1982) –  Sulawesi Selatan ( Gunung Rantekombola).
  5. Serinus estherae mindanensis (Ripley & Rabor, 1961) – Mindanao di Pilipina.

Sayang memang kalau spesies burung yang merupakan kenari asli Indonesia ini harus mengalami kepunahan atau memiliki nasib seperti gelatik jawa jika tidak ada upaya menangkar atau konservasi terhadap spesies burung bersuara merdu ini. Terlebih lagi, keberadaan kenari gunung mulai jarang terlihat di beberapa wilayah yang menjadi daerah penyebarannya.

Lalu, kalau tidak sekarang . . kapan lagi?

Loading...

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment