Loading...
Murai Batu

Inilah Saat Terbaik untuk Melombakan Murai Batu

kita tentu sudah mengenal yang namanya Murai Batu bukan? Ya, Disorientasi satu jenis burung ocehan ini memang menjadi Disorientasi satu primadona di kelasnya (baca: Cara Merawat Murai Batu Muda Hutan supaya segera Gacor). Dengan mempunyai bulu yang indah, ekor yang cantik, dan kualitas suara yang mumpuni, membuat orang rela merogoh kocek mereka dalam-dalam untuk membeli dan memelihara burung ini (baca: Murai Batu Hutan Gampang Stres Apa Solusinya?). Tapi tak hanya itu, tujuan lain mereka merawat burung ini yaitu untuk melombakan Murai tersebut.

Banyak sekali promotor yang membuat event tahunan atau bulanan yang mengadu kemerduan suara Murai. Dan terkadang, pemilik Murai tak memperdulikan usia Murai mereka, apakah layak bertanding atau tak? Hal ini lah yang menjadi masalah, bahkan sangat  berpotensi menimbulkan masalah mental dan kesehatan Murai.

Berbicara mengenai event Murai Batu. Sebagai seorang pemiliki, tahukah kita kapan waktu terbaik untuk melombakan Murai Batu? Pasti pemilik yang masih awam menjawab saat Murai sudah mahir berkicau.

Tapi tahukah kita, bahwa Murai yang mahir berkicau aja tak cukup, pasalnya Ia wajib mempunyai mental yang kuat dan semangat bertanding yang bagus pula. Lalu, sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk seekor Murai dilombakan? Nah untuk mengetahui jawabanya, mari kita simak materi berikut ini.

Waktu Terbaik untuk Melombakan Murai Batu
Ada suatu kasus, dimana ada seekor Murai Batu lomba yang memenangkan suatu kontes Murai. Ia menjadi jawara di karenakan sukses membagikan suguhan kicauan yang indah dan tak ada hentinya. Tapi tahukah kita apa yang terjadi setelah kontes itu berlangsung? Murai tersebut stres dan bertingkah aneh seperti, mematuki benda-benda disekitarnya tanpa sebab, sering Murung, menjadi jarang berkicau lagi, dan mogok makan.

Tapi tahukah kita, apa yang sebenarnya terjadi di Murai tersebut? sebenarnya Murai tersebut stres dan panik, sehingga Ia terus berkicau tanpa henti selama lomba dilangsungkan.

Hal di atas memang benar terjadi, maka dari itu untuk melombakan burung, terutama Murai Batu. kita wajib melakukannya di waktu yang tepat. Lalu, kapankah waktu yang tepat tersebut? Inilah waktu terbaik untuk melombakan Murai Batu:

1. Saat usianya sudah matang.
2. Sudah menjalani 3-4 kali proses mabung.
3. mempunyai mental yang kuat dan tak mudah drop.
4. mempunyai semangat yang membara dalam berkicau.
5. Senantiasa berkicau tanpa henti.
6. Sudah mempunyai gaya bertarung yang bagus.

Waktu yang terbaik untuk +melombakan Murai Batu memang umumnya ditandai dengan ciri-ciri di atas. Akan akan tetapi, bila Murai kita sudah bersemangat untuk berkicau, mempunyai mental yang bagus, tapi belum menjalani mabung ketiga, maka sebaiknya ikutkah aja dulu Murai tersebut di latber dulu.

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment