Loading...
Pengetahuan

Dari hasil penelitian, burung pun bisa mabuk

burung mabuk

Burung yang berhabitat di belahan bumi utara yang gemarmemakan buah sejenis beri-berian terutama pada saat musim dingin seperti sekarang ini ternyata bisa mabuk atau “teler’. Hal tersebut terjadi lantaran buah beri yang berfermentasi dengan salju di awal musim dingin akan membentuk alkohol, demikian kata para ilmuwan.

“Beberapa burung bahkan bisa lebih mabuk daripada yang kita kita, ” ungkap Meghan Larivee, koordinator laboraturium pada badan pemerintahan, Environment Yukon, di Kanda. Ia menyebut salah satu contoh, yaitu burung bohemian waxwings (Bombycilla garrulus).

Lalu apa yang terjadi dengan burung-burung tersebut ketika dalam pengaruh alkohol (mabuk) ? 


Menurut Larivee, seperti halnya manusia yang tidak bisa mengemudi kendaraan dengan baik akibat pengaruh alkohol, burung pun akan demikian. Mereka tidak akan bisa terbang dengan baik, dan hal itu bisa menimbulkan resiko celaka karena tabrakan. Burung yang kurang beruntung ketika sedang terbang, mereka akan menabrak bangunan, dan peristiwa semacam ini termasuk sering terjadi. 


Salah satu masalahnya, seperti yang dikatakan oleh Paul Duff, seorang ahli kedokteran hewan dari Badan Keseharan Satwa dan Tanaman Inggris, tidak ada uji rutin untuk memeriksa kadar alkohol pada binatang. Menurutnya, tes semacam itu “relatif lebih mahal, dan efek toksik alkohol juga cepat menghilang”, kata Duff.


Menurutnya juga burung yang belum dewasa lebih rentan dibanding burung dewasa yang sudah mempelajarai cara menghindari buah beri yang berfermentasi (beralkohol).

Dari hasil pemeriksaan paskakematian (postmortem) sejumlah burung blackbirds yang ditemukan mati massal pada pertengahan tahun 2011, ternyata terdeteksi memiliki kadar alkohol yang cukup signifikan pada hati mereka, dan semuanya itu merupakan burung yang masih muda.

Trending artikel yang sedang hits:
  1. cara membuat burung mabuk
  2. cara buat burung mabuk

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment