Loading...
Paruh Bengkok Pengetahuan

Fungsi mainan untuk burung paruh bengkok

Kalau anda sering browsing di internet pasti sering melihat bagaimana sangkar dari jenis burung paruh bengkok sering dipenuhi dengan berbagai macam aksesoris di dalamnya. Kalau anda mau tahu, keberadaan benda-benda tersebut sebenarnya bukan sekedar …

mainan untuk burung paruh bengkok

Kalau anda sering browsing di internet pasti sering melihat bagaimana sangkar dari jenis burung paruh bengkok sering dipenuhi dengan berbagai macam aksesoris di dalamnya. Kalau anda mau tahu, keberadaan benda-benda tersebut sebenarnya bukan sekedar hiasan saja, tapi memiliki manfaat banyak bagi burung yang berada di dalamnya. Berikut beberapa manfaat dari memberikan mainan untuk burung paruh bengkok.

Burung paruh bengkok dikenal memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dari jenis burung lainnya.

Bahkan mereka pun bisa merasakan stress, marah, atau bosan ketika dipelihara dalam sangkar hariannya terutama jika dirawat sendirian tanpa pasangan. 

Jika kondisi tersebut terus dibiarkan, maka mereka akan cenderung memiliki sifat galak, sering cabut bulu, bahkan sering berteriak dengan kencang yang bisa cukup mengganggu.

Karena itulah, untuk mengatasi masalah tersebut beberapa penggemar burung sering membuatkan beberapa jenis mainan khusus untuk mereka. Selain bermanfaat menghilangkan rasa bosan terutama untuk burung yang dipelihara tanpa pasangannya, mainan tersebut pun bisa berguna sebagai penghilang stress, dan sebagai bahan yang bisa mereka kunyah sehingga bisa menghindarkannya dari mencabuti bulu-bulunya sendiri.

 Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dibuatkanlah mainan khusus yang bisa bermanfaat mencegah stress, dan juga menghilangkan kebosanan burung, selain itu mainan itu pun bisa mereka kunyah untuk menghindarkan burung mencabuti bulu-bulunya sendiri. 

Di pasaran anda bisa menemukan beragam jenis dan model mainan untuk burung jenis ini, mulai dari yang berupa ayunan, tangga gantung, kayu refill, sampai mainan untuk dikunyah yang dibentuk dari berbagai jenis bahan dan balok kayu warna-warni. 

Karena itu, jika anda memelihara burung jenis paruh bengkok ini maka mulailah untuk lebih memperhatikan mereka, terutama untuk sering mengajaknya berinteraksi atau seminggu sekali mengeluarkan burung dari kandangnya lalu menempatkannya dalam tenggeran besinya. Atau anda bisa memberikan mainan pada mereka. 

Untuk bahan inspirasi, berikut beberapa model mainan sederhana yang bisa anda buat dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. 

Loading...

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment