Home / Jenis Burung / Cucak Wilis / Cucak wilis, mudah beradaptasi dan mudah berbunyi

Cucak wilis, mudah beradaptasi dan mudah berbunyi

cucak wilis
Cucak wilis, mudah beradaptasi dan mudah berbunyi

Salah satu spesies burung dari jenis cucak-cucakan yang merupakan burung asli Indonesia adalah burung cucak gunung atau kita menyebutnya dengan nama cucak wilis. Jika dipelihara dengan baik, burung cucak wilis sebenarnya mempunyai suara kicauan yang cukup menarik.

Cucak wilis atau burung rengganis adalah burung endemik Indonesia yang memiliki persebaran terbatas di Sumatera, Jawa, dan Bali. Jenis burung ini kurang begitu popular di kalangan penggemar burung lantaran dianggap mempunyai suara kicauan yang monoton, meski sebenarnya suara burung ini bisa bervariasi dan ngeroll seperti halnya burung trucukan.

Cucak wilis juga dikenal sebagai burung yang mudah dirawat, tahan stress, dan mempunyai beberapa sifat-sifat yang istimewa yang jarang bisa ditemukan pada jenis burung lainnya. Beberapa sifat-sifat istimewa tersebut adalah:

  1. Burung yang mudah beradaptasi 
    Burung rengganis adalah burung yang mudah dan cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya. Karena burung ini sangat cocok bagi pemula yang senang memelihara burug-burung bakalan yang memiliki harga murah tetapi meriah dengan suara kicauanya.
  2. Burung yang mudah dirawat
    Perawatan burung cucak wilis relatif cukup mudah, burung ini sangat mudah sekali makan voernya, pun dengan pakan tambahan lainnya seperti buah-buahan dan serangga.
  3. Burung yang cepat jinak
    Sebagai dampak dari burung yang mudah beradaptasi adalah burung menjadi cepat jinak. Cucak wilis dikenal sebagai burung yang mudah jinak dan jarang sekali ditemukan burung cucak wilis yang sangat liar/giras seperti halnya burung bakalan dari jenis lainnya.
  4. Burung yang mudah berbunyi
    Salah satu keistimewaan burung cucak wilis atau rengganis ini adalah burung yang mudah berbunyi kapan dan dimana saja. Selain itu sifat cucak wilis adalah burung yang emosian, sehingga ketika mendengar burung lain berkicau dengan rajin maka burung ini akan segera membalasnya dengan suara kicauannya yang terkadang disertai dengan kepalanya yang berjambul dan ekor yang terbuka.

Selain dari empat hal di atas, burung cucak wilis pun diketahui mempunyai suara kicauan yang cukup bervariasi, bahkan bisa terisi oleh suara kicauan burung jenis lainnya seperti ciblek atau perenjak. Dan hal itu pun bisa menambah keistimewaannya.

Sangat disayangkan, kurang perhatiannya kita terhadap jenis burung endemik ini ternyata membuat populasi burung cucak wilis kian tersingkir. Ya, meskipun burung cucak wilis bukan termasuk jenis burung yang banyak atau popular dipelihara sebagai burung peliharaan, faktanya populasi burung ini mulai mendekati terancam sehingga Badan Konservasi Dunia (IUCN) kemudian memasukkan spesies burung cucak wilis ini dalam daftar Hampir Terancam (NT).

Baca Juga: Cucak Wilis Burung Istimewa

Hilangnya habitat mereka serta alih fungsi lahan terbuka hijau dan hutan menjadi kawasan pemukiman dan industri telah memberikan pengaruh yang cukup buruk terhadap kelangsungan spesies burung endemik ini. Sehingga patut kiranya kita mulai belajar untuk menyukai dan menghargai spesies burung ini sebagai burung khas Indonesia dan mulai menangkarkannya.

Semoga bermanfaat

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

About Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 0818420218