Loading...
Tips

Cara Merawat Lovebird Untuk Lomba Harian

Cara Merawat Lovebird Untuk Lomba Harian – Sebagai burung berkicau, burung lovebird perlu dirawat. Tidak seperti burung pada umumnya, perawatan burung lovebird tidaklah sulit.


Yang terpenting kita sebagai pemilik burung lovebird dapat merawat burung lovebird dengan baik supaya hal yang tidak biasa dilakukan oleh lovebird akan terbiasa dilakukan.


Misalnya seperti membiasakan burung untuk berkicau dan membiasakan hal lainnya yang berkaitan dengan burung lovebird.


Membiasakan suatu hal yang tidak terbiasa dilakukan oleh burung lovebird memang sedikit sulit. Terutama untuk burung lovebird yang akan dikonteskan.


Cara Merawat Lovebird Buat Lomba Harian



Di dalam melakukan perawatan harian pada lovebird, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Dan diantaranya adalah sebagai berikut.


Burung lovebird termasuk burung yang suka dengan air. Jadi, mandi bukanlah hal yang tidak biasa dilakukan oleh burung lovebird.


Lovebird dapat dimandikan setiap dua kali sehari. Memandikan burung lovebird ada tujuannya. Tujuan dari memandikan burung lovebird adalah supaya untuk meningkatkan performanya ketika dipertandingan nantinya.


Tidak hanya itu saja, memandikan burung cinta juga bertujuan agar tingkat kerajinan berkicaunya dapat meningkat. Setiap kali memandikan burung lovebird maka semakin meningkat pula kerajinan burung untuk berkicau.


Burung cinta ini dapat dimandikan dengan menggunakan hand sprayer. Atau bisa juga menggunakan tempat mandi khusus.


Jika menggunakan hand sprayer, semprotkanlah tepat di tubuh burung. Sedangkan jika menggunakan tempat mandi khusus, biarkan burung mandi sendiri.


Pada saat masa kawin telah tiba, sebaiknya lovebird tidak dimandikan sesering mungkin karena akan menyebabkan sifat burung yang dimliki lovebird menjadi keluar.


Penjemuran dapat dilakukan setelah selesai dimandikan. Penjemuran juga dapat dilakukan saat burung tidak dimandikan.


Menjemur lovebird harus dilakukan pada saat fisiknya sehat. Jika fisiknya sedang lemah sebaiknya jangan dijemur dulu karena akan menyebabkan burung menjadi stres.


Selesainya lovebird dijemur dapat ditandai dengan burung tidak lagi berkicau. Jika burung tidak lagi berkicau sebaiknya langsung diletakkan di tempat yang teduh. Jangan sampai penjemuran yang dilakukan sampai membuat burung menjadi kepanasan.


Burung lovebird sangat menyukai tempat yang sejuk. Jadi, tempatkanlah sangkar lovebird di tempat yang berhawa sejuk seperti di tempat yang dekat dengan mata air.


Sebaiknya sangkar burung digantungkan dan bukan diletakkan di lantai begitu saja. Jika burung sedang dimasterkan, sebaiknya burung didekatkan dengan burung pemaster agar dapat mencontoh burung pemasternya tersebut.


Sebaiknya lovebird diberikan pakan yang bermutu seperti sayuran, buah, biji-bijian, serta jagung muda. Jangan memberikan jangkrik atau sejenisnya karena dapat membuat kondisi burung menjadi lemah.


Pakan yang diberikan harus bergantian setiap hari supaya burung tidak bosan dengan pakan yang diberikan.


Pemberian madu juga dapat dilakukan. Tetapi pemberian madu tidak dilakukan setiap hari. Pemberian madu hanya dilakukan pada saat burung dikonteskan. Tujuan pemberian madu adalah agar penampilan burung lebih maksimal lagi.

Loading...

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment