Cara Merawat Lovebird supaya Menjadi Juara Lomba

6

Lovebird merupakan Disorientasi satu burung yang sedang diminati untuk saat ini, selain sebagai Fauna peliharaan Ia juga sering dipertandingkan. Peminat burung ini tidaklah sedikit, kalian Bisa lihat antusias masyarakat saat ada suatu event kejuaraan. Selain di karenakan cantik, burung ini juga pandai untuk berkicau.

Biasanya dalam suatu event lomba, panitia akan menilai beberapa aspek seperti variasi lagu, panjangnya suara ngekek, dan frekuensi ngekek. Untuk burung yang juara biasanya panjang ngekeknya lama, dan Ia melakukannya dengan continue dan mempunyai frekuensi yang banyak dan stabil.

Berbicara mengenai kejuaraan burung, tahukah kalian ternyata selain mendapatkan hadiah brurung tersebut juga akan diberikan sertifikat juara. Lalu untuk apa sertifikat tersebut? bila seokor burung mempunyai sertifikat tersebut maka harga jualnya akan lebih mahal.

Bahkan menurut beberapa pecinta burung, seokor burung yang mempunyai sertifikat juara sangat dimungkinkan mempunyai harga yang puluhan bahkan ratusan kali lipat lebih mahal atau bahkan lebih. Akan akan tetapi untuk mendapat juara kalian wajib menjalankan beberapa perawatan untuk lovebird kalian, kenapa? ibaratkan atlet burung juga wajib perawatan dan latihan.

Cara Merawat Lovebird supaya Juara 
Sebelum kalian mengikut sertakan burung kalian untuk mengikuti lomba, kalian haruslah menjalankan beberapa persiapan Eksklusif supaya burung kalian siap untuk tampil dan jadi juara. adapun persiapan yang dimaksud merupakan:

1. Saat pagi hari mandingkan burung dengan cara disemprot dengan air hingga basah.
2. Setelah itu jemur burung tersebut dari jam 7 pagi hingga jam 9 pagi.
3. Jam 12 siang hingga sore putarlah Masteran Lovebird, bila sudah kredongkan kandangnya.
4. Setelah itu langsung beri pakan dan minum.
5. Jam 3 sore jemurlah kembali burung hingga jam 5 sore.
6. Setelah itu putar kembali Masterannya hingga Demisioner, bila sudah Demisioner lalu kredongkan kembali.
7. Lakukan cara-cara di atas rutin setiap hari supaya burung menjadi lebih siap untuk mengikuti lomba.

Pakan untuk Lovebird 
Seokor burung yang siap ditandingkan haruslah diberi pakan yang berkualitas, selain itu pola makannya juga wajib diatur sedari kecil. Tujuannya supaya burung tersebut mempunyai kualitas suara yang mumpuni, selain itu burung juga akan lebih sehat di karenakan pakan yang kalian berikan berkualitas dan sehat. adapun pola makan Lovebird merupakan sebagai berikut:

1. Saat masih 1-3 minggu dan burung tersebut masih dilolohan, berilah pakan seperti pelet atau serial yang sudah kalian cairkan.
2. Setelah burung ini mampu untuk makan sendiri ada baiknya kalian pisahkan dengan kawanannya, buatlah kandang baru supaya kalian Bisa memberi makan dengan mudah dan tanpa terganggu dengan kawanannya yang belum Bisa makan sendiri. Berilah Ia makanan seperti millet putih, kangkung, dan jagung muda, tapi bila kalian ingin membagikan nutrisi Eksklusif untuk burung kalian maka ada baiknya kalian membagikan burung tersebut pelet Eksklusif atau Bisa juga suplemen Eksklusif seperti OrBird.
3. Burung yang siap lomba biasanya berkisar antara umur 5sampai 6 bulan, bila burung kalian sudah cukup umur maka berilah Ia pelatihan seperti di atas. Namun wajib kalian ketahui, saat menjelang H-3 sebaiknya kalian atur ulang pola makannya. kalian ganti semua makanan biji-bijian dengan pelet Eksklusif, selain itu kalian juga Bisa memakai pakan alami seperti biji bunga matahari untuk mengangkat birahi burung serta kangkung dan jagung muda untuk menambah setamina burung kalian.

Cara merawat Lovebird supaya menjadi juara lomba Bisa kalian lakukan seperti cara di atas, sebaiknya atur juga pakan yang Ia konsumsi supaya tubuhnya lebih sehat dan kwalitas suaranya cukup bagus. Selain itu untuk menambah skill burung, ada baiknya kalian latih lovebird tersebut dengan pola latihan yang sesuai di atas. Sebenarnya kualitas burung sangat dipengaruhi dari indukannya, bila indukannya merupakan indukan juara maka Bisa jadi kalian akan dengan mudah untuk melatih anakannya untuk menjadi juara sama seperti indukannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here