Home / Pengetahuan / Tips / Cara Merawat Kenari Biar Gacor Panjang Vs Ngerol

Cara Merawat Kenari Biar Gacor Panjang Vs Ngerol

Cara Merawat Kenari Biar Gacor Panjang Vs Ngerol – Burung kenari termasuk burung berkicau yang perawatan hariannya tidak terlalu sulit seperti burung berkicau pada umumnya. Jadi tak heran jika pecinta burung kenari tidak ada yang mengeluh mengenai perawatan harian burung kenari.


Lain halnya dengan pecinta burung lainnya yang sering mengeluh mengenai perawatan harian burungnya tersebut.


Sama seperti burung berkicau pada umumnya, di dalam melakukan perawatan harian ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pemilik burung kenari. Dan diantaranya adalah sebagai berikut.


Burung kenari juga perlu dimandikan. Burung yang memiliki bentuk tubuh yang kecil ini dapat dimandikan sehari sekali saja tepatnya pada pagi hari.


Ketika ingin memandikan burung kenari, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu apakah burung kenari telah berkicau atau belum. Jika burung kenari belum berkicau, tunggulah hingga kenari berkicau.


Namun jika sudah berkicau, tunggu hingga kenari selesai berkicau. Ingatlah, jangan memandikan burung kenari sebelum kenari tersebut berkicau. Setelah itu, kenari dapat dimandikan.Wajib di baca dulu Cara Merawat Murai Batu Untuk Lomba Supaya Gacor


Memandikan kenari dapat menggunakan hand sprayer atau juga dapat dengan menggunakan tempat mandi khusus burung. Sebaiknya burung kenari dimandikan di tempat mandi khusus burung agar secara mental burung dapat terlatih.


Cara Merawat Kenari Biar Gacor Panjang Vs Ngerol



Setelah dimandikan, burung kenari dapat langsung dijemur karena penjemuran yang baik adalah yang dilakukan pada pagi hari. Penjemuran dapat dilakukan dengan cara menggantung sangkar kenari di tempat yang memiliki hawa panas namun bukan tepat di bawah sinar matahari.


Penejemuran dapat dilakukan satu hingga dua jam. Jangan sampai dalam satu hari burung kenari tidak dijemur sama sekali. Burung kenari dapat dipindahkan ke tempat yang teduh pada saat telah turun dari tenggerannya dan berhenti berkicau.


Pakan yang diberikan pada burung kenari tidaklah terlalu mahal seperti pakan burung pada umumnya. Burung kenari hanya perlu diberika biji-bijian, sayur-sayuran, serta buah-buahan. Namun tidak semua jenis sayur-sayuran dan buah-buahan dapat diberikan pada burung kenari.


Sayur-sayuran yang dapat diberikan pada kenari seperti sawi putih dan daun selada. Sedangkan buah-buahan yang dapat diberikan pada burung kenari seperti timun, apel merah, dan pir. Pemberian pakan harus secara teratur. Pemberian pakan secara teratur dapat membuat fisik burung kenari menjadi lebih segar lagi.


Tidak hanya itu saja, suara burung kenari juga akan lebih bagus lagi dari yang sebelumnya. Jika pada umumnya burung lain diberikan pakan seperti jangkrik, kroto, dan lain sebagainya, tetapi lain halnya dengan burung kenari yang hanya diberikan makanan yang bermutu dengan tujuan tertentu.


Tujuan pemberian buah-buahan, biji-bijian, dan sayur-sayuran adalah untuk mencegah hal-hal yang dapat menimbulkan permasalahan pada burung kenari seperti masalah kegemukan, masalah suara yang kurang bagus, dan beberapa hal lainnya.


Sebagai pakan pelengkap yang dapat diberikan seperti telur ayam rebus, telur puyuh dan beberapa pakan pelengkap lainnya. Berikan pakan tambahan setiap dua kali dalam seminggu.


Berbicara mengenai kenari, pasti semua orang sudah mengenal burung yang satu ini. Ya, burung kenari memang telah dikenal sejak zaman dahulu. Dahulu kenari belum ada di Indonesia. Hanya beberapa negara istimewa saja seperti negara Spanyol dan negara lainnya yang memiliki kenari.


Pada zaman dahulu, kenari merupakan sesuatu yang sangat berharga di kalangan kerajaan Spanyol. Jadi tidak ada yang berani untuk menyebar luaskan burung yang satu ini. Kalaupun dijadikan sebagai hadiah, hanya burung kenari jantanlah yang diberikan. Sehingga tidak dapat berkembang biak di negara yang telah diberikan hadiah burung kenari ini.Tulisan terkait lain Tips Memilih Indukan Betina vs Jantan Murai Batu


Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, burung kenari penyebarannya semakin meluas. Dan sampai saat ini, penyebaran kenari masih tetap dilakukan guna memperkenalkan burung kenari pada negara yang belum mengenal burung kenari.


Karena penyebarannya sudah hampir diseluruh negara yang ada di dunia, tak heran jika banyak orang yang mengagumi burung kenari ini. Bahkan, sama seperti di Indonesia yang membuatkan kontes bagi burung kenari, begitu pula dengan negara lainnya yang ikut membuat kontes bagi burung kenari.


Semakin banyak kenari yang tersebar di berbagai negara, itu berarti semakin banyak pula ras maupun jenis dari burung kenari. Hal inilah yang mungkin menjadi jawaban mengapa burung kenari memiliki begitu banyak jenis dan ras.


Di Indonesia, para penggemar burung kenari telah membentuk komunitas yang di dalamnya berisi para penggemar burung kenari. Tidak hanya di Indonesia saja, tetapi di negara lain juga dibentuk suatu komunitas yang di dalamnya berisi para penggemar burung kenari.


Burung kenari saat ini masih banyak berkeliaran di alam liar. Tempat yang paling banyak ditemui burung kenari adalah di daerah hutan yang penuh dengan semak serta pepohonan.


Biasanya burung kenari lebih sering berkeliaran di tempat tersebut. Untuk menemukan burung kenari di alam liar tidaklah sulit.Simak juga Menjodohkan Murai Batu Saat Mabung Trik Dan Caranya


Karena burung kenari pada umumnya selalu bersama dengan kelompoknya. Walaupun jumlah kelompok tersebut tidak banyak namun sudah menandakan bahwa kelompok tersebut merupakan kelompok burung kenari.


Kenari yang ada di Indonesia saat ini kebanyakan merupakan kenari hasil persilangan antara kenari-kenari impor. Contohnya seperti kenari yang berasal dari Malaysia disilangkan dengan kenari yang berasal dari Thailand kemudian disebarluaskan di Indonesia.


Burung kenari yang untuk diikutsertakan ke dalam arena kontes bukanlah asli dari Indonesia. Kebanyakan para kicau mania lebih memilih burung kenari yang berasal dari Eropa untuk dikonteskan. Untuk mendapatkan burung kenari pilihan asal Benua Eropa ini tidaklah sulit karena sudah terjual di pasaran.


Selain itu harga dari burung kenari pilihan asal Eropa sekalipun tidak murah tetapi juga tidak mahal. Jenis burung kenari yang berasal dari Eropa yang sering dipakai diarena kontes seperti kenari yorkshire, kenari holland, serta kenari gloster.

About Dian Anggraini

Lihat juga

Cara Merawat Murai Batu Untuk Lomba Supaya Gacor

Cara Merawat Murai Batu Untuk Lomba Supaya Gacor – Murai batu merupakan salah satu jenis burung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 0818420218