Home / Jenis Burung / Kolibri / Cara Merawat burung kolibri agar rajin bunyi

Cara Merawat burung kolibri agar rajin bunyi

burung kolibri

Burung-madu atau yang lebih dikenal dengan sebutan kolbiri merupakan jenis burung berukuran kecil namun memiliki banyak penggemar. Selain suara kicauannya yang tajam, burung kolibri banya dipelihara karena memiliki sifat fighter (petarung) dan mempunyai gaya bertarung yang khas. Karena itu pula, beberapa waktu lalu, sempat muncul kelas lomba untuk burung kolibri, meski sempat memunculkan kontroversi lantaran spesies ini diketahui termasuk jenis burung yang dilindungi.

 

Untuk mendapatkan burung kolibri yang rajin bunyi dan mempunyai jiwa petarung, maka sebaiknya burung tersebut dipelihara sejak masih anakan, karena ada usia tersebut mereka bisa dilatih baik dari segi mental maupun suara kicauannya. Karena jika kita mendapatkan burung ini dalam kondisi muda hutan atau bakalan, rata-rata burung tersebut sangat sulit untuk dijinakkan atau bahkan sulit untuk berkicau, kecuali setelah melakukan beberapa perawatan atau terapi khusus.

 
Berikut tips perawatan untuk burung kolibri agar mudah jinak dan rajin berkicau.

Tips untuk kolibri bakalan yang belum makan voer 

Agar burung bisa hidup panjang, maka pemberian pakan harus dibuat sevariasi mungkin. Bagi penggemar burung, salah satu cara yang bisa membuat burung mampu bertahan hidup meski tidak mendapatkan pakan alaminya adalah dengan melatih mereka  agar mau memakan makanan buatan atau voer. Dengan begitu mereka tidak akan terlalu bergantung pada pakan alami mereka sebagaimana burung yang masih liar.

Cara untuk melatih burung kolibri makan voer bisa anda buka kembali di sini:   


Perawatan harian burung kolibri

Setelah burung mau memakan voernya, bukan berarti anda harus meninggalkana pakan alami atau pakan tambahannya. Pakan tersebut masih tetap perlu diberikan terutama untuk menjaga kondisi dan mengatur birahi mereka.
Pakan tambahan atau extra fooding yang bisa diberikan pada burung kolibri adalah ulat hongkong warna putih, kroto, atau jangkrik yang masih kecil.

Sedangkan untuk pengaturannya bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Jangkrik kecil diberikan sebanyak 1 ekor pada pagi dan sore hari.
  • Ulat hongkong warna putih diberikan sebanyak 2 ekor pada pagi dan 1 ekor pada sore hari.
  • Kroto bisa diberikan dua – tiga kali seminggu.

Memberikan nektar atau air gula

Nektar adalah pakan alami burung kolibri / burung-madu ketika berada di habitatnya, yang biasa mereka dapatkan dari  tanaman atau bunga-bunga yang telah mekar. Namun bagi burung peliharaan, nektar bisa dibuat sendiri dengan mencampurkan air dan gula pasir/putih, dengan perbandingan 1:4.  

Jika dalam prosesnya dilakukan dengan tepat maka kandungan nutrisi yang terdapat dalam nektar buatan ini hampir sama dengan kandungan nutrisi yang ditemukan dalam nektar bunga.

Berikut bagaimana cara membuat nektar buatan:

  • Masukkan satu gelas air bersih ke dalam panci untuk memasak.
  • Setelah itu masukkan empat sendok teh gula pasir putih (bukan gula buatan/kimia).
  • Masak larutan gula tersebut di atas kompor dengan api sedang.
  • Aduk hingga cairan menjadi berubah warna (kemerahan). 
  • Setelah itu, dinginkan dan masukkan dalam wadah tertutup lalu simpan di lemari pendingin atau freezer.

Nektar buatan bisa diberikan setiap hari pada burung sebanyak satu cepuk kecil. Yang perlu diperhatikan adalah pemberian nektar ini tidak boleh lebih dari satu hari, karena bisa mengandung bakteri yang merugikan.

Memelihara burung sejenis atau pleci untuk memancing bunyi

Selain dari segi perawatan dan pemberian pakan, untuk memancing burung kolibri rajin berbunyi juga bisa dilakukan dengan memelihara beberapa ekor burung kolibri di rumah. 

Namun, perlu diperhatikan agar dalam penempatannya untuk tidak saling melihat alias saling berjauhan.  Dengan begitu, mereka akan saling memanggil dan sahut menyahut.

Alternatif lain adalah memelihara beberapa ekor burung pleci atau burung cabai-cabaian (kemade) untuk memancing kolibri mau berbunyi.

Itulah beberapa hal yang bisa anda perhatikan ketika memelihara burung-madu atau kolibri agar rajin berbunyi.

About Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Lihat juga

Ciri Khas Burung Berkicau Siap Masuk kontes

Ciri Khas Burung Berkicau Siap Masuk kontes – Sebagai pemilik burung berkicau yang baik, hendaknya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 0818420218