Loading...
Tips

Cara Merawat Burung Anis Merah

Burung ini banyak di gemari pecinta burung karena suaranya yang nyaring, dan mempunyai keunikan yang sangat khas banget yaitu gacor sambil teler, sehingga jika anda mempunyai burung anis merah yang gacor tapi belum teler rasanya belum sempurna, memang untuk perawatan yang satu ini agak susah susah gampang, karena burung ini mudah stres sehingga dalam perawatanya pun harus ekstra. ada beberapa cara yang perlu di perhatikan dalam merawat burung anis yang kita miliki.


anis2


Berikut cara merawat anis merah :


Angin-anginkan dengan cara menggantung/menggantangnya di teras selama kurang lebih 30 menit sebelum dimandikan. Bisa dilakukan pada jam 07:00wib sampai 07:30wib


Setelah diangin-anginkan, maka selanjutnya adalah memandikan anis merah tersebut. Untuk pemandiannya, anda bisa menggunakan karamba atau semprot, disesuaikan dengan karakter dan kebiasaan anis merah anda dan dilakukan secara rutin setiap hati.


Setelah itu dijemur. Untuk penjemuran anis merah, lakukan segera setelah mandi selama 1-2 jam.


Kandang/sangkar dibersihkan secara rutin, yang meliputi tempat kotoran, wadah/tempat pakan, dan juga tempat minum. Untuk lebih baiknya, cucilah dengan air mengalir.


Berikan pakan berupa voer yang baru, dan gantilah air minumnya dengan air yang baru pula.Setelah penjemuran, anda bisa memberikan extra food (EF) berupa jangkrik sebanyak 2 ekor ke anis merah dengan cara ditaruh di cepuk/wadah. Sebaiknya tidak memberikan jangkrik secara langsung.


Sembari makan, angin-anginkan anis merah di teras kurang lebih selama 10-15 menit saja.


Jika ingin melakukan mastering, maka sebaiknya sangkar dikerodong. Tetapi jika tidak memungkinkan maka tidak wajib dikerodong.Pemasteran bisa dilakukan dari jam 10 pagi sampai dengan jam 3 sore, tentunya dengan suara yang setipe dengan anis merah anda.Pada pukul 4 sore, berikan EF jangkrik sebanyak 1 ekor saja sambil diangin-anginkan di teras.


Jika cuaca mendukung, maka boleh dimandikan lagi.Dan pada saat magrib (sekitar jam 6 sore) anda bisa mengerodongnya sambil pemasteran sampai pagi harinya.


Berikan kroto dua kali seminggu dengan dengan porsi masing-masing 1 sendok makan.Berikan cacing 1x seminggu masing-masing 2 ekor saja.


Berikan multivitamin dengan cara dicampur dengan air minum 1-2 kali seminggu untuk menjaga kesehatan anis merah anda.


Buah segar bisa anda berikan kepada anis merah, pepaya diberikan di hari senin sampai kamis. Sedangkan di hari jumat bisa anda berikan buah apel atau pisang.


Pemberian Makanan EF Yang Teratur.


kroto fresh diberikan 1 sendok teh optimal 2x dalam waktu 1 minggu. perumpamaan pemberian setiap – setiap hari senin pagi serta hari kamis pagi.


Pemberian pakan jangkrik ini bisa juga, paling banyak untuk burung anis merah cukup 1 – 2 ekor sajah dalam satu minggu , karena kalau terlalu banyak mengkonsumsinya akan mengakibatkan burung anis merah menjadi overbirahi.pemberian cacing diberikan 2 ekor 1x dalam waktu 1 minggu. perumpamaan pemberian setiap – setiap hari senin pagi.


buah fresh diberikan teratur tiap-tiap hari, dengan format : hari senin hingga hari kamis berikanlah buah pepaya, hari jumat serta hari sabtu berikanlah apel atau pisang atau buah yang lain.


itulah cara mudah merawat anis merah yang bisa anda lakukan secara rutin agar burung anis merah kesayangan anda bisa tumbuh dan memiliki suara yang indah.


 


 

Loading...

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment