Loading...
Tips

Cara Merawat Anis Merah Bakalan Dewasa Macet Bunyi

Cara Merawat Anis Merah Bakalan Dewasa Macet Bunyi – Memelihara burung anis merah merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi mereka yang hobi dengan burung berkicau.


Burung anis merah termasuk burung yang harganya paling mahal dibandingkan dengan burung berkicau pada umumnya. Terlebih lagi jika telah menjadi jawara diberbagai pertandingan.


Jika kita ingin memiliki burung anis merah yang dapat menjadi jawara diberbagai pertandingan maka kita perlu merawat burung anis merah tersebut dengan baik.


Akan tetapi, masalahnya saat ini burung anis merah bukanlah burung yang mudah untuk dirawat. Perlu kesabaran dan waktu yang lama untuk menjadikan burung anis merah menjadi burung jawara.


Apabila tujuan utama kita untuk memelihara burung anis merah untuk dikonteskan, maka pemeliharaan atau perawatan dapat dilakukan pada saat burung masih anakan.


Cara Merawat Anis Merah Bakalan Dewasa Macet Bunyi



Tugas utama kita merawat burung anis merah adalah untuk mengarahkan burung yang tidak biasa menjadi kebiasaannya. Contohnya seperti berkicau. Jika tidak dilatih maka burung akan sulit untuk disuruh berkicau setiap hari karena bukan kebiasaannya.


Namun jika kita latih setiap hari maka tidak akan sulit jika kita menyuruh burung untuk berkicau setiap harinya karena memang sudah kebiasaannya. Bahkan tanpa kita suruh pun burung tersebut akan berkicau setiap hari.


Ketika merawat burung anis merah, perawatan harian yang perlu dilakukan seperti pemberian pakan, mandi, menjemurkan, dan lain sebagainya.


Berikut ini akan dijelaskan lebih rinci mengenai perawatan harian yang perlu dilakukan setiap hari.


Pemberian pakan


Pada umumnya pakan alami anis merah adalah kroto, ulat hongkong, dan jangkrik. Pemberian pakan sangat dianjurkan tidak berlebihan karena semua hal yang sifatnya berlebihan akan membuat burung menjadi kalah dalam perlombaan.


Pemberian pakan tidak perlu terlalu banyak tetapi secukupnya saja. Namun, pemberian pakan harus rutin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.


Kualitas pakan pun perlu diperhatikan sebab burung anis merah yang akan dilombakan harus diberikan pakan yang berkualitas.


Memandikan burung


Burung juga perlu dimandikan. Dalam satu hari, burung dapat dimandikan sekali. Memandikan burung dapat dilakukan pada sore, pagi, atau siang hari. Memandikan burung dapat dilakukan ditempat yang terkena sinar matahari.


Sebagian burung jika dimandikan pada sore hari kicauannya lebih rajin dibandingkan dimandikan pada pagi hari. Namun ada pula sebagian burung jika dimandikan pada pagi hari kicauannya lebih rajin dibandingkan dimandikan pada sore hari.


Menjemur burung


Menjemur burung anis merah tidak boleh terlalu lama. Selesainya menjemur burung dapat ditandai dengan burung yang sudah tidak berkicau lagi.


Penjemuran dapat dilakukan di pagi atau di sore hari. Akan lebih baik lagi jika menjemur burung saat burung selesai dimandikan.


Penempatan sangkar


Penempatan sangkar perlu diperhatikan. Untuk burung anis merah, sangkar dapat ditempatkan di tempat yang berhawa sejuk. Sangkar dapat digantungkan. Jauhkan tempat untuk menempatkan sangkar dari binatang pengganggu.


Inilah Cara Merawat Anis Merah Bakalan Dewasa Macet Bunyi semoga membantu dan berguna..

Loading...

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment