Loading...
Anis

Cara Merawat Anis Kembang

Cara Merawat Anis Kembang – Penggemar burung tentunya mengetahui tentang burung anis kembang. Punglor kembang jantan dan betina atau anis kembang jantan dan betina merupakan salah satu jenis burung anis yang memiliki kicau merdu nan populer. Sehingga tak heran jika banyak yang memelihara dan dijadikan sebagai burung aduan.


Cara Merawat Anis Kembang Trotol Biar Cepat Bunyi

Cara Merawat Anis Kembang Trotol Biar Cepat Bunyi


Memintai burung anis kembang tentunya bukan tanpa alasan, sebab bukan hanya memiliki kicau yang merdu, namun postur dan warnanya juga sangat menarik untuk dijadikan sebagai burung hias di rumah.


Hal demikian juga harga anis kembang jantan tergolong masih terjangkau dan sebanding dengan kemampuan kicau dan keindahan tubuhnya. Bahkan tak jarang banyak yang melakukan ternak anis kembang untuk meraup keuntungan.


Cara Merawat Anis Kembang Biar Cepat Ngeplong

Cara Merawat Anis Kembang Biar Cepat Ngeplong


Merawat burung anis kembang tentunya membutuhkan teknik khusus agar dapat mengeluarkan suara yang merdu. Bahkan pola perawatan harian anis kembang akan mempengaruhi karakternya. Semahal berapapun harga anis kembang jantan jika tak dipelihara dengan baik, maka tak akan mengeluarkan bakatnya dengan bauk.


Bahkan jika Anda membeli anis kembang bakalan atau anis kembang trotol jantan sekalipun, namun tidak dilakukan pola perawatan yang benar, maka akan dapat merusak burung anis kembang yang sudah jadi tersebut. Sehingga dalam merawat anis kembang jantan perlu dilakukan dengan cara yang benar. Lalu bagaimana cara merawat anis kembang? Berikut penjelasannya.



Berikut ini adalah langkah-langkah perawatan harian anis kembang.

Sangkar anis kembang

Bagi seekor burung peliharaan, sangkar merupakan rumah baginya. Dengan demikian, maka sangkar harus sangat diperhatikan dalam segi keamanan dan kenyamanan burung. Apalagi anis kembang jantan, tentunya untuk menghasilkan kicauan yang merdu, suasana sangkar harus nyaman untuknya.


Sangkar yang bisa Anda buat untuk anis kembang yaitu sangkar dengan ukuran 40x40x60, bisa dengan bentuk kotak maupun bulat.

Mengangin-anginkan di pagi hari

Pada pagi hari sekitar pukul 07.00, Anda harus mengangin-anginkan sangkar anis kembang di depan rumah Anda. Selagi sedang diangin-anginkan, juga membersihkan sangkarnya.


Pembersihan yang dilakukan yaitu dengan membersihkan kotoran anis kembang dari sangkar, mengganti atau menambahkan voer, mengganti air minum dan memberi makanan anis kembang. Makanan untuk anis kembang yaitu buah yang masih segar, seperti pepaya apel dan pisang.

Memandikan anis kembang

Selanjutnya setelah pukul 07.30 waktunya anis kembang untuk dimandikan. Cara memandikan anis kembang yaitu dengan mandi di keramba mandi, atau juga bisa dengan dispray.

Menjemur anis kemang

Setelah dimandikan hal yang dilakukan selanjutnya tentu menjemur anis kembang. Waktu penjemuran yaitu sekitar pukul 08.00 hingga 11.00. Ingat, ketika Anda menjemurnya, pastikan menghidarkan dari burung yang sejenis.


Ketika menjemur anis kembang,  Anda juga bisa dengan memberi Extra Fooding atau EF yang berupa 2-3 ekor jangkrik. Hal ini memang jangkrik merupakan makanan burung anis yang akan menunjang perkembangannya. Agar anis kembang tak manja, maka letakkan jangkrik di cepuk saja.

Angin-angikan kembali

Setelah melakukan penjemuran, maka langkah selanjutnya yaitu dengan mengangin-anginkan kembali di depan teras selama 10 hingga 15 menit. Selanjutnya kerodong sangkar kembali dan masukan dalam rumah.

Melakukan masteran anis kembang

Ketika sedang dikerodong, Anda juga bisa melakukan masteran anis kemang. Anda bisa memilih suara masteran yang cocok untuk anis kembang yang Anda miliki.

Membuka kerondong dan mengangin-anginkan

Setelah pukul 15.30, kemudian keluarkan kembali anis kembang dan angin-anginkan di depan rumah. Ketika cuaca sedang cerah, Anda juga bisa memandikannya kembali. Dalam proses mengangin-anginkan ini, Anda juga bisa memberikan kembali jangkrik sejumlah 1 ekor saja.

Memasukan kembali anis

Setelah melakukan berbagai perawatan harian ini, maka pukul 08.00 saatnya anis kembang untuk istirahat total. Yaitu  kembali memasukan anis kembang dikerondong hingga pagi.


Memiliki anis kembang gacor ngerol dan anis kembang betina ngeplong tentunya menjadi keinginan bagi penggemar jenis burung anis kembang. Hal tersebut bukan hanya menjadi kebanggaan tersendiri, namun juga bisa mendapatkan keuntungan. Apalagi bagi peternak anis kembang, tentunya cara ternak anis kembang sangat diperlukan agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Trending artikel yang sedang hits:

  1. anis merah bulu mengembang
  2. cara merawat decu kembang biar gacor
  3. buah kesukaan anis kembang
  4. makanan anis jati
  5. gambar anis bintang
  6. decu kembang cepet rajin
  7. cara merawat tledekan kembang biar gacor
  8. Cara merawat decu kembang agar cpat bunyi
  9. cara merawat anis macan biar cepet ngemplong
  10. trik memelihara decu kembang agar gacor
Loading...

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment