Loading...
Tips

Cara Menjadikan Burung Kolibri Rajin Bunyi

Kolibri adalah penerbang yang ulung dengan gerakan sayap yang sangat cepat, satu detik mencapai 12-90 kali kepakan.Seorang peneliti dari Universitas California bernama Christopher Clark melakukan pengamatan untuk mengukur kecepatan burung kolibri betina, Christopher mengambil gambar menggunakan kamera super cepat sehingga bisa menangkap setiap gerakan dari burung kolibri. Ia berhasil mendapatkan 500 gambar yang berbeda dalam satu detik.


kolibri


Dan untuk mendapatkan burung kolibri yang rajin bunyi dan mempunyai jiwa petarung, maka sebaiknya burung tersebut dipelihara sejak masih anakan, karena ada usia tersebut mereka bisa dilatih baik dari segi mental maupun suara kicauannya. Karena jika kita mendapatkan burung ini dalam kondisi muda hutan, rata-rata burung tersebut sangat sulit untuk dijinakkan atau bahkan sulit untuk berkicau, kecuali setelah melakukan beberapa perawatan atau terapi khusus. Nah kali ini kami akan memberikan tips untuk merawat burung kolibri anda agar rajin bunyinya:

Pilih burung kolibri jantan

Kolibri ninja

Pilihlah burung kolibri yang berkelamin jantan karena kolibri yang rajin berkicau adalah yang berkelamin jantan.Pilihlah burung kolibri yang terlihat sehat dan memiliki pergerakan aktif dan juga lincah.Untuk keindahan burung kolibri, pilihlah kolibri yang berwarna cerah.Pilihlah burung kolibri yang berukuran sedang, jangan memilih yang ukurannya terlalu kecil.Perhatikan bagian ekornya, kolibri yang baik adalah kolibri dengan ekor yang menyatu antara bulu ekor satu dengan yang lainnya.

Setelah burung mau memakan voernya, bukan berarti anda harus meninggalkana pakan alami atau pakan tambahannya. Pakan tersebut masih tetap perlu diberikan terutama untuk menjaga kondisi dan mengatur birahi mereka.
Pakan tambahan atau extra fooding yang bisa diberikan pada burung kolibri adalah ulat hongkong warna putih, kroto, atau jangkrik yang masih kecil.


Cara untuk pengaturannya bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Jangkrik kecil diberikan sebanyak 1 ekor pada pagi dan sore hari.Ulat hongkong warna putih diberikan sebanyak 2 ekor pada pagi dan 1 ekor pada sore hari.Kroto bisa diberikan dua – tiga kali seminggu.

Nektar adalah pakan alami burung kolibri / burung-madu ketika berada di habitatnya, yang biasa mereka dapatkan dari  tanaman atau bunga-bunga yang telah mekar. Namun bagi burung peliharaan, nektar bisa dibuat sendiri dengan mencampurkan air dan gula pasir/putih, dengan perbandingan 1:4. Jika dalam prosesnya dilakukan dengan tepat maka kandungan nutrisi yang terdapat dalam nektar buatan ini hampir sama dengan kandungan nutrisi yang ditemukan dalam nektar bunga.


Berikut bagaimana cara membuat nektar buatan:

Masukkan satu gelas air bersih ke dalam panci untuk memasak.Setelah itu masukkan empat sendok teh gula pasir putih (bukan gula buatan/kimia).Masak larutan gula tersebut di atas kompor dengan api sedang.Aduk hingga cairan menjadi berubah warna (kemerahan).Setelah itu, dinginkan dan masukkan dalam wadah tertutup lalu simpan di lemari pendingin atau freezer.

Nektar buatan bisa diberikan setiap hari pada burung sebanyak satu cepuk kecil. Yang perlu diperhatikan adalah pemberian nektar ini tidak boleh lebih dari satu hari, karena bisa mengandung bakteri yang merugikan.


Selain dari segi perawatan dan pemberian pakan, untuk memancing burung kolibri rajin berbunyi juga bisa dilakukan dengan memelihara beberapa ekor burung kolibri di rumah. Namun, perlu diperhatikan agar dalam penempatannya untuk tidak saling melihat alias saling berjauhan.  Dengan begitu, mereka akan saling memanggil dan sahut menyahut.
Alternatif lain adalah memelihara beberapa ekor burung pleci atau burung cabai-cabaian (kemade) untuk memancing kolibri mau berbunyi.


Itulah beberapa tips yang bisa kami posting kali ini, dan anda harus perhatikan ketika memelihara burung kolibri dan memeliharanya secara teratur agar rajin berbunyi.

Loading...

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment