Loading...
Beo Perawatan Tips

Cara mengatasi burung beo yang sedang mabung

Masa mabung adalah masa yang pasti akan dialami oleh semua hewan berbulu, pada saat itu bulu-bulu burung yang rusak akan digantikan dengan bulu-bulu baru yang kuat. Tidak terkecuali burung beo, si jalak besar yang memiliki kepandaian menirukan suara…

beo 1

Masa mabung adalah masa yang pasti akan dialami oleh semua hewan berbulu, pada saat itu bulu-bulu burung yang rusak akan digantikan dengan bulu-bulu baru yang kuat. Tidak terkecuali burung beo, si jalak besar yang memiliki kepandaian menirukan suara manusia. 

Masa berganti bulu beo biasanya terjadi ketika burung berusia antara 5 – 6 bulan, pada waktu itulah mereka akan mengalami mabung pertamanya. Setelah beberapa bulan kemudian mereka pun akan mengalami masa berganti bulu ketika usia mereka telah semakin dewasa. Secara umum, masa mabung pada semua jenis burung akan berlangsung 1 – 2 kali dalam satu tahun. Lalu bagaimanakah perawatan mabung yang tepat untuk burung beo?

Tidak seperti burung kicauan jenis lainnya, masa mabung pada burung beo kadang berlangsung sangat singkat, sampai-sampai kita tidak menyadari bahwa burung peliharaan kita itu sedang mengalami masa pergantian bulu. 

Biasanya ketika bulu mereka ada yang jatuh, tidak lama kemudian bulu baru akan tumbuh tanpa kita menyadarinya.  Karena itulah, satu-satunya petunjuk bahwa burung peliharaan kita sedang dalam kondisi mabung adalah dengan mengamati apakah ada satu atau beberapa helai bulu burung yang berserakan di dasar sangkarnya.

Selain dari mengamati bulu yang jatuh,  kita juga bisa memprediksi masa mabung pada burung beo dengan memperhatikan beberapa kondisi sebagai berikut:

  • Bulu yang sering acak-acakan / keriting.
  • Bulu yang mulai terlihat kering dan mudah patah / rusak.
  • Burung selalu menarik-narik bulu.
  • Kepala burung yang tampak botak sebagian.

Ketika kita mengetahui bahwa beo kesayangan kita sedang mabung, maka hal yang harus dilakukan adalah memberikan perawatan yang tepat agar nantinya bulu-bulu yang tumbuh itu bisa kuat dan menghasilkan warna yang lebih berkilauan. 

Perawatan tersebut cukup penting, mengingat bahwa membiarkan beo dengan perawatan dan makanan yang kurang sesuai selama mabungnya, justru akan membuat mabungnya menjadi terhenti, dan burung tidak akan berganti bulu sampai tahun depan.

Perawatan mabung pada burung beo

Masa mabung adalah masa ketidaknyamanan bagi burung, dan jika burung  mulai merasa tidak nyaman dengan bulu-bulunya, maka kita bisa membantunya dengan memberikan mandi yang rutin.

Pemberian mandi yang rutin setiap harinya bisa membantu burung beo mengatasi panasnya kulit mereka ketika merontokkan dan menumbuhkan bulu-bulunya. Berikan mandi dengan air segar yang dingin dua – tiga kali sehari ketika burung menjalani masa mabungnya, dan bahkan ketika burung sedang tidak dalam kondisi mabung.  Selain itu burung beo termasuk dalam keluarga jalak-jalakan sangat menyukai mandi.

Jika kondisi burung sehat, maka masa mabung akan bisa dilewatkan dengan hasil yang sangat sempurna. Karena itu lah pemberian pakan yang tepat dan juga vitaminnya sangat diperlukan. Selama mabung, burung beo bisa diberikan pakan tambahan berupa buah-buahan seperti pepaya, selain itu pemberian EF serangga seperti jangkrik bisa diberikan jika burung terbiasa dengan makanannya itu, berikan jangkrik sebanyak satu – dua ekor sehari.

Untuk mendukung ketahanan fisik dan stamina, beberapa hari sekali burung beo tersebut bisa diberikan multivitamin yang mengandung zat-zat yang penting dan dibutuhkan burung dalam kesehariannya. Selain vitamin, minyak ikan bisa  diberikan seminggu sekali untuk mempercepat pertumbuhan bulu dan membuat bulu-bulu burung menjadi berkilauan.

 Pada waktu burung beo sedang mabung, kita bisa memberikan pemasteran untuk menambah perbendaharan kata-kata atau kalimat yang akan dikuasainya.

Itulah beberapa hal penting terkait perawatan burung beo selama mabung, agar mabung mereka berjalan dengan sempurna dan burung akan memiliki bulu-bulu yang kuat, rapih, dan berkilauan sehingga tampak cantik dipandang. Satu hal yang perlu dipahami di sini adalah jangan abaikan masa mabung pada burung peliharaan kita.
 
Semoga bermanfaat
 
 
 

Loading...

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment