Home / Jenis Burung / Murai Batu / Cara Memilih Murai Batu Berkualitas Tanpa Menguras Kantong

Cara Memilih Murai Batu Berkualitas Tanpa Menguras Kantong

info harga murai batu bulan seotember-2015
Burung Murai Batu Berkualitas

Memilih Murai Batu Berkualitas Dengan Harga Standar, Murai batu yang gacor atau rajin berbunyi pasti menjadi dambaan para majalahkicau mania, dan semua orang yang memilihara burung murai batu pasti menginginkan burung murai batunya rajin berkicau. Untuk mendapatkan semua itu pasti tidaklah gampang, bisa dengan cara datang ke latber burung murai batu dan bisa menamati mana burung yang berkicau dan membelinya, pasti anda akan mendapatkan burung murai batu yang gacor. Akan tetapi harga dari burung tersebut bisa diatas rata-rata, untuk saat ini jenis burung murai batu yang paling di gemari adalah burung murai medan dan murai kalimantan, untuk murai medan sendiri harga murai relativ lebih mahal jika di bandingkan dengan jenis burung murai lain.

Untuk anda penggemar burung murai batu ada cara lain untuk Memilih Murai Batu Berkualitas Dengan Harga Standar akan tetapi mendapatkan burung yang berkwalitas yaitu dengan cara membeli burung murai batu bakalan maupun burung murai batu anakan atau trotol, mngkin cara ini tidak semudah membeli burung di arena latber, maka dari itu sebelum anda ingin membeli burung murai batu alangkah baiknya jika anda mengetahui ciri-ciri burung murai batu yang kira-kira memiliki prospek untuk kedepanya akan anda ikut sertakan dalam lomba atau hanya sebagai peliharaan kesayangan di rumah.

Sebelum anda Memilih Murai Batu Berkualitas Dengan Harga Standar yang masih bakalan, kalo bisa lihat indukanya terlebih dahulu usahakan pilih anakan burung murai batu yang indukanya sudah jelas prestasi dan kicauannya, akan tetapi hal tersebut tidak menjamin bakalan murai batu tadi 100% bisa mirip induknya atau lebih baik dari induknya, anda juga harus memperhatikan bargaimana anakan burung murai batu tersebut.
walaupun burung masih muda, pilihlah burung murai yang memiliki kaki yang terlihat kering seperti burung murai yang sudah berumur, Memilih Murai Batu Berkualitas Dengan Harga Standar untuk warna kaki saya sarankan pilih burung murai dengan warna kaki hitam, dan yang paling penting adalah kaki tersebut terlihat kering.

Memilih Murai Batu Berkualitas Dengan Harga Standar yang bagus dilihat dari sorot matanya yang tajam dan terlihat ganas, burung murai yang memiliki bola mata bulat besar dan seolah-oalh bola mata tersebut akan keluar bisa dipastikan lebih bagus. Kepala cepak atau yang mirip kepala juga bisa lebih baik, Leher panjang dan besar biasanya burung murai batu yang memiliki leher panjang dan tebal memiliki suara yang keras dan mantep.

Untuk ciri-ciri burung murai batu berkualitas bagus pada usia anakan bisa anda lihat sebagai berikut :
Suara atau ketrekan
Murai batu anakan atau bakalan yang bagus adalah burung yang mempunyai suara atau ketrekan yang keras. Ketrekan atau suara trek…trek..trek pada burung anakan murai batu akan diperdengarkan apabila burung murai batu merasa ada sesuatu yang mencurigakan. Suara ketrekan pada murai batu anakan yang bagus terdengar menyambung atau tanpa jeda yang lama. Potensi pada suara ini akan terus berkembang apabila anda merawat burung dengan baik.
Ukuran dan bentuk fisik
Anakan burung murai batu anakan yang bagus mempunyai bentuk tubuh yang besar serta panjang. Pada saat dewasa burung yang memiliki ukuran tubuh besar panjang, akan terlihat gagah apabila mengeluarkan kicauan sehingga bisa mempengaruhi  mental burung lain apabila di ikut sertakan dalam kontes burung berkicau.
Kepala
Untuk kebanyakan burung murai batu, bentuk kepalanya agak bulat. Tetapi untuk burung murai batu yang bagus adalah burung dengan kepala tidak bulat, atau berkepala agak gepeng. Kepala yang agak gepeng pada burung murai batu akan menambah penampilan dan gaya pada saat berkicau.
Paruh
Paruh murai batu yang bagus adalah burung dengan paruh yang tidak terlalu tebal namun panjang. Murai batu yang mempunyai paruh seperti ini akan mempunyai suara yang keras, dan tajam.
Leher
Pada umumnya leher murai batu yang panjang, akan mengeluarkan kicauan yang juga panjang. Selain suara panjang, leher panjang pada murai batu juga akan terlihat lebih gagah pada saat berkicau.
Mata
Untuk mata murai batu, pilihlah anakan murai yang memiliki mata besar bulat atau melotot. Mata yang besar pada murai batu mempunyai sifat yang galak dan juga mental yang kuat. Sehingga apabila di ikut sertakan dalam kontes, mempunyai sifat agresif.
Kaki
Pilihlah anakan murai batu yang berkaki sehat dan tidak mempunyai cacat atau luka. Umumnya warna kaki murai batu mempunyai warna cokelat muda, kemerah-merahan, dan juga kuning keputihan. Tetapi untuk warna kaki pada murai batu yang bagus adalah warna kaki coklat kehitaman. Murai batu yang mempunyai warna seperti ini, mempunyai mental yang kuat.
Ekor
Ekor pada anakan murai batu haruslah panjang, dan jangan memilih burung yang tercabut ekornya pada waktu masih anakan, dikarenakan burung akan menjadi trauma sehingga akan mengurangi agresifitas burung dalam berkicau.
Selain ciri-ciri anakan murai batu yang bagus yang harus anda ketahui, anda juga perlu tahu cara membedakan murai batu betina dan murai batu jantan. Ini sangatlah penting bagi anda yang ingin memelihara murai batu, ataupun ingin membudidayakan murai batu dengan cara beternak.

Untuk murai batu yang bagus dan nyaring suaranya adalah murai batu yang berkelamin jantan, dan untuk betinanya juga bisa berkicau namun jarang mengeluarkan kicauannya dan juga suaranya lebih kecil.

Pada dasarnya burung murai batu yang di  jual di pasaran mempunyai tiga jenis yaitu murai batu dewasa, murai batu muda hutan, dan juga murai batu anakan. Untuk membedakan antara jantan dan betina pada murai batu dewasa dan muda hutan tidaklah terlalu sulit, tetapi membedakan murai batu anakan haruslah kita lihat dengan teliti dan tahu cara membedakannya.

Untuk bisa membedakan murai batu betina dan juga murai batu jantan, anda bisa lihat dari fisik burung diantaranya adalah :
Burung murai dewasa dan muda hutan jantan
Untuk bisa mengenali murai batu jantan, kita bisa lihat dari bulunya yang hitam pekat, terutama di bagian batas warna antara warna hitam dan coklat. Badan burung besar, ekor panjang dan lebar, sedangkan kaki terlihat kasar.
Burung murai batu dewasa dan muda hutan betina
Kalau warna hitam pada murai jantan diantara warna hitam dan coklat berwarna hitam pekat, tidak begitu dengan yang betina. Murai batu betina mempunyai warna hitam keabu-abuan diantara warna hitam dan coklat. Badan burung kecil, dan ekor lebih pendek serta kecil. Untuk kaki akan terlihat lebih halus dibandingkan dengan murai jantan.
Burung murai batu anakan jantan
Pada warna bulu dada yang setelah dewasa nanti berwarna hitam, terlihat bintik-bintik atau totol warna coklat, badannya besar, serta ekornya panjang dan besar serta pada warna sayap belum berwarna hitam seluruhnya juga terdapat totol coklat.
Burung murai batu anakan betina
Pada bulu bagian dada yang akan berwarna hitam apabila sudah dewasa nanti, berwarna hitam keabu-abuan di sertai warna bulu muda keputihan dan coklat sedikit yang memanjang ke bawah. Badan burung terlihat kecil serta ekornya pendek kecil.
Itulah cara mengetahui ciri murai batu anakan berkualitas yang perlu anda ketahui. Dengan mengetahui ciri fisik burung murai batu, maka anda nantinya tidak akan salah pilih dalam membeli murai batu, baik yang masih anakan ataupun yang sudah dewasa. Selain itu anda juga bisa membedakan jenis kelamin burung tersebut. Semoga tips di atas tadi bisa bermanfaat bagi anda para kicau mania.

About Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Lihat juga

Rahasia Telur Kenari menetas cepat, banyak dan optimal 1

Rahasia Telur Kenari menetas cepat, banyak dan optimal

Tips Rahasia membuat Telur Kenari menetas cepat, banyak dan maksimal, Burung kenari masih menjadi salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 0818420218