Loading...
Tips

Cara memenangkan Kontes Burung Kenari

Cara memenangkan Kontes Burung Kenari – Melatih burung berkicau tidak boleh dilakukan sebelum umur burung telah mencapai batas yang ditentukan.


Jika tetap memaksa agar burung dilatih dalam waktu yang diperbolehkan maka nanti jatuhnya akan membaut burung menjadi tersiksa dan akhirnya burung menjadi stres.


Namun pendapat diatas tidak berlaku bagi burung kenari. Burung kenari memang tidak sama seperti burung pada umumnya yang harus dilatih setelah batas umur yang telah ditentukan. Berbeda halnya dengan burung kenari yang dapat dilatih pada usia berapa saja.


Sebagian pemilik burung kenari melatih burung kenarinya sedini mungkin agar persiapan kontesnya lebih matang lagi.


Masa Rawat Siap Latih dan Kontes Burung Kenari



Biasanya, pemilik burung kenari akan melatih burung kenarinya pada saat berusia 6 bulan. Pada usia tersebut, burung kenari dapat dilatih dengan baik supaya dapat diikutsertakan ke dalam arena kontes walaupun usianya masih muda.


Sudah banyak kicau mania yang membuktikan burung kenari yang masih muda menang dalam berbagai perlombaan walaupun usianya muda. Itu berarti, usia tidak menjadi penghalang bagi kenari mana saja ingin masuk ke arena kontes burung berkicau.


Memasukkan kenari ke dalam arena kontes harus melihat kenari itu sendiri. Jika kenari kelihatannya sudah memiliki mental yang bagus serta kicauan yang sesuai maka kenari dapat langsung masuk ke arena kontes.


Namun, jika kenari belum memiliki mental yang bagus serta kicauan yang tidak sesuai sebaiknya kenari jangan dimasukkan ke dalam arena kontes.


Setiap burung berkicau pasti memiliki masalah. Begitu pula dengan burung kenari yang memiliki masalah. Masalah utama dari burung kenari adalah burung kenari kondisinya sering drop tanpa tau penyebab nya apa.


Tidak sedikit para kicau mania yang merasa perlu mengetahui apa penyebab dari burung kenari yang sering drop begitu saja.


Sampai saat ini pun, belum ada satu orang pun yang mengetahui apa penyebab kenari sering drop. Sehingga sangat sulit untuk mencari tau bagaimana cara mengatasi masalah yang satu ini. Burung yang sudah ngedrop dapat berhenti untuk berkicau. Kenari dapat drop dimana saja.


Baik itu saat masih pelatihan atau bahkan saat ingin dikonteskan. Untuk mencegah masalah kenari yang satu ini, pemilik burung kenari perlu mengetahui lebih dalam kelemahan yang dimiliki oleh kenari. Bukan hanya kelemahan-kelemahan biasa saja, tetapi inti dari kelemahan kenari, sebagai pemilik harus mengetahuinya.


Setiap jenis kenari dengan jenis kenari lainnya, penyebab dari dropnya burung kenari pasti berbeda-beda.


Jadi, kita tidak bisa menyamakan cara menyembuhkan burung kenari yang satu dengan burung kenari milik kita karena belum tentu cara tersebut dapat ampuh mengatasi masalah yang satu ini walaupun sama-sama burung kenari.


Tidak hanya drop saja, masalah lainnya yang sering terjadi pada burung kenari adalah sering berhenti berkicau pada saat ganti bulu. Biasanya burung akan lanjut berhenti berkicau walaupun sudah selesai ganti bulu.

Loading...

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment