Pengetahuan Pleci

Cara membuat pakan bernutrisi agar pleci rajin berbunyi

Agar pleci rajin berbunyi, maka selain menerapkan pola perawatan yang tepat, burung juga harus mendapatkan asupan pakan yang tinggi nutrisi, dengan begitu mereka jadi lebih aktif dan cenderung rajin berbunyi. Di pasaran sudah banyak beredar pakan …

pleci

Agar pleci rajin berbunyi, maka selain menerapkan pola perawatan yang tepat, burung juga harus mendapatkan asupan pakan yang tinggi nutrisi, dengan begitu mereka jadi lebih aktif dan cenderung rajin berbunyi. 

Di pasaran sudah banyak beredar pakan tinggi nutrisi yang terdiri dari beragam merek yang bisa anda berikan pada burung pleci kesayangan anda, namun selain itu anda pun bisa meracik sendiri pakan tinggi nutrisi agar pleci rajin berbunyi dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. 

Membuat pakan tinggi nutrisi agar pleci rajin berbunyi

Bahan-bahan yang dibutuhkan: 

  • Daging ikan mentah (bisa menggunakan ikan mas, belut, atau lele)
  • Daging sapi yang masih segar. 
  • Telur ayam 
  • Wortel
  • Campuran tepung kedelai, tepung jagung, dan tepung kacang hijau 


Cara membuat: 

Potong kecil-kecil daging ikan, daging sapi, dan wortel lalu semua bahan digiling hingga halus
Hasil gilingan kemudian dicampur ke dalam wadah yang berisi campuran tepung kedelai, tepung jagung, dan tepung kacang hijau. 

Masukkan beberapa butir telur ayam ke dalam adonan tersebut lalu aduk hingga semua bahan bercampur rata.

Setelah itu adonan siap dicetak dengan menggunakan pencetak voer.

Keringkan dalam microwave selama 5 menit, atau menggunakan oven api sedang selama 15 – 20 menit. 

Setelah itu keringkan kembali dengan cara dijemur dan siap diberikan pada burung pleci

Berikan setiap hati sebagai pakan utamanya, namun jangan lupakan pemberian pakan tambahanya yang lain sepert ulat hongkong warna putih, jangkrik, dan juga buah-buahannya. Dengan begitu pleci akan menjadi lebih aktif dan semakin rajin berbunyi.

 

 

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment