Cara Melatih Pleci Agar Bersuara Lantang

21

Cara melatih pleci bersuara lantang dan jernih. Merawat dan memelihara burung pleci adalah satu hal yang butuh kesabaran dan penanganan khusus agar burung plecinya itu mau rajin berkicau. Bahkan beberapa trik dan tips pun harus diterapkan yang bisa merangsang burung pleci agar bersuara lantang dan merdu.


Selama ini pleci yang memiliki suara yang keras, lantang dan kencang memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pleci mania. Beberapa cara-cara melatih pleci bersuara lantang berikut ini mungkin bisa membantu dalam membuat burung pleci agar bersuara latang dan kecang.


Melatih Pleci Agar Bersuara Lantang, Melatih Pleci Bersuara Lantang


Seperti pernah disebutkan sebelumnya bahwa burung pleci adalah burung koloni. Salah satu cara yang bisa melatih pleci bersuara lantang dan lebih rajin berbunyi adalah dengan mengkolonikan mereka. Anda bisa melakukan hal tersebut minimal rutin membawa burung pleci tersebut untuk jalan-jalan dan bertemu dengan rekan-rekannya dari koloni pleci lainnya. Misalnya melatih mental pleci dalam sebuah latberan atau semacam latihan khusus.


Selain dari itu banyak hal-hal lain yang bisa dilakukan dalam usaha membuat burung pleci agar bersuara latang. Misalnya saja mengatur pemberian pakan serta perawatan hariannya yang rutin yang sudah sering kali dibahas di sini. Pada kali ini, kita hanya akan membahas tentang bagaimana caranya membuat burung pleci memiliki suara kicauan yang lebih keras atatu lantang dari biasanya. Oke, kita simak berikut ini.

Baca Juga:  Tips Memelihara Pleci Cepat Gacor

Biasakan agar burung pleci peliharaan anda untuk beristirahat pada malam harinya. Selain itu buat mereka senyaman mungkin dengan memberi kerodong pada sangkarnya dan tanpa terusik oleh apapun yang bisa mengganggunya.


Dengan memberi waktu istirahat yang cukup pada burung, maka mereka akan memiliki energi yang maksimal pada keesokan harinya yang akan digunakannya untuk beraktifitas termasuk berkicau.


Salah satu alternatif lain membiarkan burung lebih tenang beristirahat adalah mematikan lampu ruangan dimana pleci tersebut berada, atau mengganti lampu yang digunakan dengan lampu yang berdaya kecil.


Salah satu hal yang memicu gairah pada burung adalah pengembunan. Pengembunan ini memiliki manfaat yang baik untuk burung kicauan. Pada saat pengembunan pastikan agar burung pleci yang anda miliki ( dengan asumsi anda memelihara lebih dari satu ekor) digantung saling berjauhan dan tidak saling melihat. Karena begitu matahari mulai terbit, maka semua burung pleci itu saling memanggil rekan-rekannya dengan suara yang cukup keras. Dari sini anda bisa memperhatikan mana burung yang sekiranya bakal menjadi burung yang bagus dengan memperhatikan siapa yang paling lantang.


Setelah matahari mulai terbit, atau sekitar pukul 06:30 – 07:30 pagi, burung bisa dimandikan. Dalam memandikan burung bisa dilakukan dengan cara memandikan bersama-sama misalnya mendempetkan sangkar-sangkar mereka lalu mulai menyemprot burung satu persatu sambil memasukan air bersih dalam jumlah yang banyak dalam cepuk minum atau bak mandi agar nantinya digunakan mereka untuk mandi, atau bisa juga menggunakan karamba mandinya secara bergantian atau ngantri.

Baca Juga:  10 Buah dan Sayur Terbaik untuk Burung Pleci serta 3 Racikan Makanan Agar Cepat Gacor

Setelah itu bersihkan kandang dan tak lupa mengganti air minum dan makanannya, lalu burung pleci tersebut dijemur dengan sangkar yang saling berdampingan atau berjejer. Pada saat penjemuran ini burung-burung pleci yang sedang berkumpul tersebut bisa diperdengarkan dengan suara masteran atau suara lain yang bisa memancing mereka untuk berbunyi, misalnya suara masteran yang bisa anda download di sini. Untuk menambah semakin semaraknya kicauan mereka, anda bisa memutarkan suara yang sudah anda download tersebut dengan volume suara yang keras.


Biasanya burung akan mulai saling ngeriwik yang kemudian berlanjut dengan suara kicauan ngototnya. Dari sini pula anda bisa memperhatikan mana burung pleci yang kiranya memiliki prospek sebagai burung lomba.


Setelah penjemuran yang berlangsung selama beberapa waktu ( tergantung kebiasaan anda menjemur ), burung segera di angin-anginkan di tempat yang teduh untuk mengadaptasikan suhu tubuh burung yang sedang panas dengan suhu yang sejuk dan setelah beberapa menit burung-burung pleci itu dikerodong atau masing-masing burung secara terpisah digantung di tempat yang adem untuk beristirahat hingga sore harinya.


Pada sore hari antara pukul 15:00 – 16:00 kembali burung – burung pleci tersebut dikumpulkan di tempat penjemurannya yang biasa dengan cara berdempetan atau berjejer. Setelah pukul 17:00 sangkar burung dibersihkan. Jangan lupa untuk mengganti makanan dan minumannya dengan yang bersih. Lalu setelahnya burung dimasukkan ke dalam rumah untuk beristirahat.

Baca Juga:  Pleciku Gak Mau Gacor, Nggak ngeplong Bunyinya, Coba Cara Ini

Lakukan hal-hal seperti di atas secara rutin, maka dalam beberapa hari akan muncul salah satu atau beberapa burung yang mulai menampakkan kemampuannya yaitu rajin berkicau dengan lantangnya. Dalam beberapa hari berikutnya burung tersebut telah siap untuk dilombakan.


Namun jika dalam beberapa hari masih belum mendapatkan pleci yang diinginkan, jangan berputus asa dahulu. Cobalah tambah momongan pleci atau tukarkan pleci yang tidak mau bersuara dengan rekan anda sesama pleci mania, lalu pantau perkembangannya. Karena ada kalanya, pleci yang tidak mau berbunyi begitu bertemu atau berkumpul dengan koloni yang baru ia kenal, mendadak menjadi rajin berbunyi. Anda bisa saling tukar menukar pleci yang tidak mau bunyi dengan teman yang juga memiliki pleci yang enggan berbunyi. Dengan syarat pleci tersebut berjenis kelamin jantan.


Nah itu lah tips dan cara melatih pleci bersuara lantang dan keras. Intinya yaitu pada pola perawatan burung pleci anda setiap hari.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here