Cara melatih mental pleci agar berkarakter

Posted on

pleciBanyak pleci mania yang sengaja membeli burung yang masih bakalan untuk menemani pleci miliknya yang dianggap sudah berpenampilan bagus, tapi ada pula yang membeli burung bakalan lantaran harganya yang murah lalu merawatnya hingga burung jadi. Berikut bagaimana melatih mental dan karakter pleci agar tampil lebih maksimal.

 

Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian ketika memelihara pleci bakalan. Hal-hal itu jika rutin dilakukan bisa membantu menumbuhkan karakter dan mentalnya, serta membantu mempercepat kondisi top-form atau tampil lebih maksimal. Melatih karakter dan mental burung pleci bakalan bisa dilakukan dengan beberapa perlakuan khusus, di antaranya :

  • Sering menggantung sangkar yang berisi pleci di tempat yang ramai.
  • Menciptakan koloni dengan memelihara pleci lebih dari satu ekor.
  • Sering melatih dengan pleci lain di luar koloninya seminggu sekali.

Namun selain perlakuan khusus tersebut, ada perlakuan lain yang tak kalah pentingnya dan sangat berkaitan erat dengan perilaku dan penampilan burung, yaitu:

1. Rutin memandikan burung

Mandi bagi burung pleci adalah hal yang penting dan tidak bisa dilepaskan dalam perawatan hariannya terutama jika pleci tersebut masih dalam kondisi bakalan. Mandikan pleci setiap pagi, siang dan sore hari agar mereka terus merasa lebih segar dan bisa merangsangnya untuk lebih rajin berbunyi.

Namun yang terpenting adalah melatih pleci tersebut agar mau mandi dalam karamba mandinya, dan tidak dibiasakan mandi dengan cara disemprot.

2. Merawat bulu

Penampilan bulu bagi burung pleci yang cenderung menghabiskan hidupnya dengan berkoloni adalah satu hal yang bisa membuatnya diterima oleh burung lain dalam satu koloni. Pleci dengan bulu jelek dan kusam cenderung akan diabaikan atau ditinggalkan oleh koloninya, dan bisa menyulitkannya ketika mencari pasangan.

Selain itu, pleci dengan penampilan bulu yang bagus dan berkilauan bisa mempercepat mereka tampil maksimal. Merawat bulu bisa dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya adalah:

  • Mengenali ciri-ciri pleci akan mabung sehingga bisa langsung memberikan perawatan yang tepat agar proses mabung berjalan lancar dan sempurna.
  • Seminggu sekali memandikan pleci dengan air cucian beras.


3. Memberikan pakan yang tepat

Agar pleci tetap aktif dan rajin berkicau maka pemberian pakan harus menjadi perhatian utama. Pleci sebaiknya diberikan pakan yang cukup bervariasi, seperti voer dengan kualitas baik, buah dan sayuran segar, serangga dan pakan tambahan lain yang dibutuhkan.

Banyak pleci mania yang lebih senang memberikan pakan racikan untuk burung kesayangan mereka dengan alasan lebih terjaga kualitas dan nutrisinya. Pakan racikan tersebut biasanya terdiri dari pakan utama (voer) yang dicampur dengan bahan-bahan lain seperti bubur bayi dan tepung jangkrik / tepung daging dan diyakini bisa membuat burung menjadi lebih berkarakter dan mempercepat kondisi ngeplongnya atau buka paruh.

Itulah beberapa hal penting bagaimana melatih mental dan karakter pleci agar tampil lebih maksimal. Jika perawatan tersebut dilakukan secara rutin dan konsisten, maka pleci tersebut akan menjadi burung yang bisa membanggakan pemiliknya.

Semoga bermanfaat

Trending artikel yang sedang hits:
  1. melatih mental cucak ijo dengan kaca
  2. ciri pleci garut
  3. burung pleci garut
  4. pleci jawara garut
  5. harga pleci garut
  6. ciri ciri pleci garut
  7. burung pleci dakun garut
  8. cara cepat menumbuhkan ekor pleci
  9. ciri2 pleci garut
  10. cara koloni pleci
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *