Cara cerdas beternak perkutut

2815

perkutut

Meski kurang begitu mendapat perhatian dari sebagian besar penggemar burung kicauan, namun ternyata masih banyak juga kicaumania yang memelihara burung perkutut sebagai burung klangenan. Bahkan tidak sedikit pula yang mencobat menangkarkannya baik untuk tujuan pribadi maupun diperdagangkan meski dalam skala kecil-kecilan. Untuk panduan bagi pemula, berikut adalah tips singkat bagaimana beternak burung perkutut.

Bagi penggemar pemula, rata-rata mereka memelihara burung perkutut dengan tidak mempedulikan asal-usul dari burung perkutut tersebut. Yang penting bagi mereka adalah burung perkututnya yang rajin berbunyi dengan suara khasnya, dan biasanya hal tersebut kemudian berlanjut pada upaya mengembangbiakkan burung perkutut miliknya itu dengan mencarikan pasangannya.

Banyak penangkar-penangkar burung perkutut skala besar yang dimulai dari iseng atau coba-coba, karena itu ketika anda hendak menangkarkan burung ini mulailah dengan niat dan usaha yang sungguh-sungguh, sehingga hasil yang baik bisa anda dapatkan.
Untuk menangkarkan burung perkutut, kita tentu butuh sepasang burung yang terdiri dari burung jantan dan burung betina.

Sekarang kita anggap saja anda sudah mempunyai perkutut jantan yang selama ini menemani burung kicauan anda di rumah,  jadi untuk ditangkarkan anda tinggal mencari burung perkutut betina yang sudah cukup umur. Nah untuk hal itu anda tentu bisa meminta pedagang burung untuk membantu memilihkannya untuk anda.

Setelah sepasang burung perkutut sudah didapatkan, maka tips singkat dari seorang kung mania berikut ini bisa diterapkan untuk memulai perjodohan dan penangkarannnya.

  • Selama satu minggu, burung perkutut jantan dan betina dimandikan secara rutin.
  • Setiap malam hari hingga pagi harinya sangkar kedua perkutut tersebut ditempelkan atau dijejerkan dengan posisi tenggeran yang luruh searah (segaris).
    Jika kedua indukan itu sudah menunjukkan ketertarikan satu sama lain, maka burung jantan dan burung betina bisa mulai ditempatkan dalam kandang penangkarannya.
  • Sedangkan untuk kandang ternaknya bisa menggunakan sangkar gantung atau kandang ternak.
  • Selama tahapan perjodohannya kedua indukan tersebut diberikan 5 butir kacang hijau yang sebelumnya direndam terlebih dahulu dalam air panas agar biji kacang tersebut merekah.
  • Berikan 5 butir kacang hijau yang telah didinginkan tersebut dengan cara dilolohkan, dan diberikan setiap pagi hari (Kacang hijau berfungsi untuk menaikkan birahi kedua indukan, selain kacang hijau anda juga bisa menggunakan obat-obatan atau vitamin khusus agar indukan cepat birahi dan melakukan perkawinan).
  • Selang beberapa hari kemudian burung perkutut tersebut akan terlihat melakukan ritual kawinnya, dan pada saat itu kita harus mulai menyiapkan bahan dan tempat sarang dalam kandang penangkarannya.
  • Biasanya dalam waktu satu minggu setelah melakukan ritual kawinnya, burung perkutut betina akan segera bertelur.
  • Pengeraman akan berlangsung selama 14 hari, dan setelah anakan berusia 6 – 7 hari bisa langsung diberikan ring pengenal.
  • Setelah anakannya berusia 14 hari, mereka bisa dipisahkan dari induknya dalam kandang terpisah, sedangkan indukan dibiarkan untuk kembali berproduksi.

Dalam tahap ini anda sudah beralih dari yang tadinya seorang penggemar burung menjadi seorang penangkar burung, dan hasil produksi dari penangkaran perkutut ini bisa anda jual kembali ke pasar-pasar burung.
 
Meskipun harga pasaran burung perkutut anakan masih jauh dibawah harga burung kicauan terlebih kedua indukan berasal dari perkutut biasa, namun hal tersebut sudah membuktikan bahwa anda sudah mampu melakukan hal yang sebelumnya anda anggap tidak mungkin. Selain itu hasil produksinya pun lumayanlah untuk tambah-tambah uang belanja isteri, hehehe

Semoga beranfaat

Loading...
SHARE
Previous articleCara jitu jinakkan burung yang giras
Next article12 Tips Ampuh cara beternak parkit

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here