Loading...
Lovebird

Cara Cepat Membuat Kandang Lovebird

Proses membuat kandang Lovebird harus diperhatikan dengan baik oleh para peternak Lovebird. Sebab dengan kandang yang sesuai akan menjamin keamanan dan keselamatan Lovebird  kita. Ada 2 pilihan yang bisa kita ambil untuk menyiapakannya kandang, yaitu membeli  kandang lovebird  buatan pabrik yang banyak di jual di toko-toko yang menjual alat-alat breeding atau kita bisa membuat kandang Lovebird sendiri. Berikut ini kami akan menyajikan tips membuat kandang lovebird.


Gambar kandang lovebird

Gambar kandang lovebird


Menentukan ukuran kandang yang akan kita buat


Ukuran kandang disesuaikan dengan jumlah lovebird yang akan kita masukkan. Semakin banyak burung Lovebird yang kita masukan maka semakin leluasa kandang Lovebird yang kita buat. Hindari membuat kandang yang kecil kemudian di isi burung yang banyak atau tidak sesuai karena akan menjadikan perkelahian diantara Lovebird.


Perhatikan bahan untuk membuat kandang Lovebird


Material yang kita pakai harus bagus dan tahan gigitan Lovebird, maka kita siapkan material yang kokoh dan kuat seperti Galvanum, besi, kawat kuas, kayu keras dan lain sebagainya. Tentunya bahan material ini sekaligus tidak akan rusak oleh tikus, rayap, semut, kecoak dan lain-lain.


Buatkan tempat kotoran Lovebird


Tempat kotoran yang kita buat kita rancang di bawah sangkar Lovebird supaya lebih praktis dalam membersihkannnya karena kalau kandang tidak dilengkapi tempat kotoran maka kita harus sering memasukkan tangan untuk membersihkan  kandang dan ini akan berpengaruh terhadap ketenangan Lovebird.


Sediakan tempat makan dan minum Lovebird


Setiap sepasang Lovebird bagusnya disiapkan 1 tempat makan dan 1 tempat minum dan apabila dalam sangkar atau kandang ada 3 pasang Lovebird maka siapkan 3 tempat makan dan 3 tempat minum. Tempatkan tempat makan dan minum yang strategis sehingga Lovebird dapat makan, minum, bergerak dan masuk glodok dengan nyaman.


Buatlah 2 jenis pintu kandang

Pintu pertama dibuat yang cukup untuk tangan kita tidak terlalu besar dan tidak sempit, fungsi pintu ini untuk memasukkan dan mengeluarkan Lovebird.Pintu kedua merupakan tempat memasukkan kotak glodok Lovebird, Buatlah sekiranya cukup untuk memasukkan dan mengeluarkan glodok. Jangan gunakan pintu ini ketika Lovebird ada didalam untuk menghindari Lovebird terbang keluar sangkar. Kedua jenis pintu yang kita buat lengkapi dengan kancing pengaman.

Membuat  sangkar atau  kandang dengan memperhatikan keselamatan Lovebird


Disini yang harus kita perhatikan adalah faktor keamanan Lovebird misalnya menghindari ujung besi atau kawat yang menonjol ke dalam untuk mencegah Lovebird terluka tergores ujung kawat atau besi. Terakhir kali kita sisir dan raba dalam kandang terutama pojok-pojok kandang jika ada sesuatu yang sekiranya membahayakan burung maka kita hilangkan dahulu.

Trending artikel yang sedang hits:

  1. manfaat batang sawi untuk lovebird
  2. makalah contoh kandang ternak lovebird
  3. https://majalahkicau com/tips/manfaat-batang-sawi-untuk-lovebird/
  4. batang sawi untuk lovebird
  5. cara membuat kandang burung merpati
  6. guna batang sawi untuk burung
  7. jenis kayu untuk lovebird
Loading...

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment