Cara atasi kenari yang sering mematuk kaki dengan nasi putih

Posted on

kenari 1Banyak masalah yang bisa muncul pada saat kita mencoba usaha penangkaran burung kenari. Salah satunya adalah burung indukan yang sering mematuki kakinya sendiri atau bahkan kaki dari anak-anaknya. 

Namun jika kita perhatikan, burung itu tak hanya mematuki kakinya saja tetapi juga memakannya. Jika anda menemukan perilaku burung indukan seperti itu, maka itu berarti burung kenari tersebut sedang alami kekurangan kalsium.

Seperti telah diketahui bahwa pembentukkan tulang dibangun oleh bermacam-macam nutrisi berbeda tetapi pada dasarnya dibentuk dari material yang mengandung kalsium. Kulit terbentuk dari bermacam nutrisi seperti vitamin D, C, E, B, dan A juga Beta Karotene dan Protein Keratin. 

Ketika burung indukan sering terlihat mematuki kakinya atau kaki anak-anaknya maka itu merupakan tanda bahwa burung tersebut mengalami kekurangan sumber kalsium sehingga mereka akan mengambil kalsium dari bagian kulitnya tersebut.

Untuk pencegahan dan mengatasi masalah tersebut, sumber kalsium harus disediakan untuk memenuhi kebutuhan burung kenari indukan tersebut. Sumber kalsium bisa didapat dari cangkang telur atau tulang sotong yang digerus / ditumbuk dan dicampurkan dalam pakan biji-bijiannya.

Selain itu sayuran berwarna hijau sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan burung indukan akan nutrisi. Bahkan nasi putih pun bisa menjadi pakan alternatif untuk mengatasi masalah burung yang kekurangan kalsium.  

Nasi putih bisa diberikan pada burung kenari selama dua kali seminggu, sayuran hijau diberikan lima hari dalam seminggu, sedangkan telur tebus beserta cangkang telurnya dan tulang sotong diberikan setiap hari. 


Salam kicau!



kenari matuk kaki , kenari mematuki kakinya , kenari kurang kalsium , kenari indukan makan telurnya sendiri , kenari matuk kaki , kenari mematuki kakinya , kenari kurang kalsium , kenari indukan makan telurnya sendiri , kenari matuk kaki , kenari mematuki kakinya , kenari kurang kalsium , kenari indukan makan telurnya sendiri

Trending artikel yang sedang hits:
  1. tulang sotong untuk kacer
  2. penyebab kacer matuk kaki
  3. cara ampuh mengatasi burung kenari matuki kakinya
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *