Burung Kapas Tembak Juara, Masteran Jago Kicau!

1720

Salah satu jenis burung kicauan yang dapat dipelihara dengan baik bagi para pecinta burung adalah burung kapas tembak. Burung kapas tembak ini memiliki gaya yang khas, yaitu selalu membuka bagian ekornya. Tak hanya itu, karena gayanya yang khas inilah burung kapas tembak ini dapat disamakan dengan butung kacer dan murai batu di Sumatera. Sebagai salah satu burung nyanyian, kapas tembak ini banyak disukai para penggemar burung untuk dipelihara mulai dari bakalan hingga menjadi burung yang memiliki performa terbaik saat berkicau atau bersuara. Burung jenis ini merupakan sejenis cucak-cucakan atau dengan nama lain pynonotidae. Burung ini juga termasuk jenis burung yang mudah untuk dirawat.


Burung kapas tembak dan cucak jenggot sendiri termasuk ke dalam golongan jenis burung cucak-cucakan yang mempunyai penggemar cukup banyak. Kedua jenis burung ini, banyak dirawat tak hanya untuk dilombakan saja, melainkan juga untuk dijadikan master dengan berbagai macam burung nyanyian lainnya. Burung kapas tembak maupun cucak jenggot sendiri biasa dijadikan masteran untuk melatih aneka burung lainnya, seperti burung cucak hijau, murai batu, kenari dan lain sebagainya. Burung cucak jenggot sendiri memiliki suara yang tajam berbeda dengan suara burung kapas tembak yang tergolong lebih memiliki suara yang rapat. Maka tak heran kedua jenis burung yang satu famili ini sangat populer di nusantara.

Baca Juga:  Kisah Nyata Persahabatan Seorang Anak dengan Burung Jalak
kapas tembak juara
kapas tembak juara


Banyak orang yang berpendapat bahwa kapas tembak masteran termasuk ke dalam burung masteran yang handal, burung kapas tembak biasa dijadikan master untuk burung kacer dan murai batu. Hal ini dikarenakan burung ini mempunyai suara tembakan rapat yang unik dan khas. Selain itu, burung ini juga handal menirukan beraneka ragam jenis kicauan burung lainnya. Sebagai famili dari burung cucak-cucakan ini, baik kapas tembak betina maupun jantan memiliki kemampuan kicauan sama persis. Sedangkan, sebagai burung masteran sendiri para pecinta burung lebih menyukai burung kapas tembak betina karena suara tembakannya yang tergolong lebih rapat. Sedangkan untuk jenis burung jantan sendiri untuk burung kapas tembak memiliki kicauan yang beragam.

Baca Juga:  20 Jenis Burung Langka di Indonesia Lengkap dengan Gambar

Walaupun jenis burung ini tergolong mudah sekali mengeluarkan suara atau berkicau, namun tetap memerlukan kesabaran dalam perawatannya. Apalagi jika Anda membeli kapas tembak bakalan atau yang masih muda. Sehingga Anda bisa melatihnya dengan rajin, hal ini terutama kapas tembak dewasa akan lebih rajin lagi dalam berkicau. Ditambah lagi ketika burung kapas tembak sudah mulai matang secara seksual, maka burung akan semakin gacor lagi dengan gaya untuk membuka ekornya yang sangat khas. Dengan melakukan perawatan yang tepat secara rutin, maka kapas tembak akan lebih rajin lagi mengeluarkan suara. Anda harus melakukan perawatan yang tepat dengan memperhatikan makanan yang mencukupi gizi burung ini sampai menjadi kapas tembak juara.

Baca Juga:  36 Fakta Unik dan Mitos Burung Hantu yang Mencengangkan

Loading...
SHARE
Previous articleJenis Burung Kicau Srigunting dan Cara Memeliharanya
Next articleInfo Harga Burung Terkini Menjelang Musim Libur Lebaran 2015

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here