Loading...
Pengetahuan

Burung Garuda di Doodle Google Bukan Burung Garuda ?


Gudang Burung – Situs mesin pencari internet Google turut merayakan HUT Ke-68 tahun Republik Indonesia, Sabtu (17/8/2013), dengan menampilkan desain dekoratif (doodle) bernuansa merah putih, lengkap dengan sosok burung berwarna emas.
Tapi, apakah burung tersebut benar merupakan “Garuda” yang dikenal sebagai lambang negara Indonesia? Jika diperhatikan, lembaran-lembaran bulu pada gambar burung di 
doodle tersebut berjumlah 9 buah di masing-masing sayap, sementara ekornya memiliki 6 helai bulu.

Sebagai perbandingan, gambar burung Garuda Pancasila yang menjadi lambang negara Indonesia memiliki 17 helai bulu di tiap sayapnya, dan 8 helai pada bagian ekor, melambangkan tanggal dan bulan kemerdekaan Indonesia.

Adapun jumlah bulu di bagian pangkal ekor ada 19 dan leher ada 45 helai, melambangkan tahun dilakukannya proklamasi kemerdekaan, yaitu 1945. Di bagian tengah, terdapat perisai dengan lima buah gambar yang mewakili tiap-tiap sila dalam Pancasila.

Lambang Garuda Pancasila ini pertama kali dirancang oleh Sultan Hamid II pada 1950, yang terinspirasi dari burung yang jadi kendaraan Wishnu dalam mitologi kuno Indonesia. Jadi, apakah gambar burung di doodle Google 17 Agustus tahun ini merupakan garuda atau jenis lain?

Loading...

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment