Loading...
Cucak Hijau

Beragam jenis burung cucak hijau

Umumnya para penggemar burung cucak hijau lebih memilih burung yang berasal dari daerah Jawa Timur, meski pada dasarnya semua itu tergantung dari karakter, mental, dan materi isian dari burung tersebut. Meski begitu tidak sedikit pula CI mania yang mem…

cucak hijau

Umumnya para penggemar burung cucak hijau lebih memilih burung yang berasal dari daerah Jawa Timur, meski pada dasarnya semua itu tergantung dari karakter, mental, dan materi isian dari burung tersebut. Meski begitu tidak sedikit pula CI mania yang memelihara burung yang berasal dari daerah lain, apalagi kalau burung tersebut memiliki mental dan suara isian yang jauh lebih baik.

Seperti dikutip dari berbagai sumber berikut perbedaan dan ciri-ciri burung cucak hijau berdasarkan daerah asalnya

  • Secara umum perbedaan jenis burung cucak hijau bisa dilihat dari penampilannya, yaitu:
  • Cucak hijau asal Sumatera memiliki warna kuning pada bagian dahinya sehingga sering disebut dengan CI kepala kuning.
  • Cucak hijau asal Jawa TImur memiliki warna tubuh yang agak kebiru-biruan, burung muda biasanya berwarna hijau terang dan seiring berjalannya waktu warna hijaunya akan berubah menjadi kusam atau gelap kebiru-kebiruan.
  • Sedangkan untuk burung cucak hijau yang berasal dari selatan Caruban rata-rata memiliki postur badan yang lebih besar, sementara burung yang berasal dari Malang rata-rata bertubuh lebih kecil dari Caruban. Untuk burung asal daerah tersebut warna mereka tidak akan berubah meski bertambah umurnya.

Terlepas dari asal daerahnya, burung cucak hijau yang banyak dicari adalah burung yang memiliki karakter dan mental yang baik serta suara isian yang merdu dan penuh variasi.

Loading...

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment