Aneka cara merawat mabung pada burung ciblek

Posted on
ciblek
Burung Ciblek Jantan

Mabung pada burung adalah masa yang bisa menentukan karakter dan bagaimana kondisi burung tersebut nantinya. Karena itu perawatan mabung harus diterapkan ketika menghadapi situasi yang demikian. Salah perawatan ketika mabung bisa membuat penampilan burung akan berkurang, bahkan sering terjadi burung yang macer bunyi. Berikut  aneka cara merawat mabung pada burung ciblek Beberapa metode perawatan mabung berikut merupakan metode perawatan yang bersumberkan dari pengalaman para ciblek mania yang bisa menjadi panduan atau sumber inspirasi dalam merawat burung ciblek anda yang sedang mabung. Perawatan mabung metode pertama

  • Selama masa mabung burung ciblek diberikan full kerodong
  • Untuk pemberian pakan serangga atau EF (Extra Fooding) sebaiknya lebih banyak dari yang biasanya atau bisa juga dengan hanya memberikan pakan full kroto saja.
  • Penjemuran pada burung ciblek yang sedang mabung dilakukan cukup seminggu dua kali dengan durasi penjemuran 30 menit saja pada pagi hari atau cukup diangin-anginkan saja ( pada saat tersebut kerodong bisa dibuka ).
  • Untuk sementara burung tersebut tidak dimandikan .
  • Lakukan pemasteran dengan suara burung kenari untuk menambah variasi suara tembakanya.
  • Adapaun cara yang biasa dilakukan ciblek mania agar burung cibleknya cepat ambrol bulu adalah dengan mencampur ragi tape secukupnya dalam makanan voernya.

Perawatan mabung metode kedua

  • Selama burung mabung maka hal yang harus dilakukan adalah mengurangi porsi jemur dan mandinya, untuk penjemuran bisa dilakukan kurang dari 1 jam saja yang dilakukan antara pukul 7 – 8 pagi hari, sedangkan untuk mandi hanya bisa diberikan dengan meyemprot halus namun tidak sampai basah kuyup, tujuannya adalah untuk membersikan bulu-bulu dari kotoran yang menempel.
  • Sedangkan untuk pakan tambahannya cukup diberikan kroto sebanyak setengah sendok teh ditambah jangkrik kecil satu ekor , sementara untuk ulat hongkong tidak perlu diberikan selama burung ciblek tersebut sedang mabung.
  • Setelah burung dijemur, burung diangin-anginkan selama 15 menit lalu diberikan full kerodong dan digantung di tempat yang tenang dan sedikit lembab.
  • Siang hari sekitar pukul 1-2 siang, kerodong dibuka lalu burung diangin-anginkan selama 15 – 30 menit, setelah itu kembali dikerodong hingga pukul 04:00 sore.
  • Pada sore hari burung diberikan pakan krotonya sebanyak setengah sendok teh, lalu setelah itu sekitar pukul 5-an burung kembali dikerodong dan dibiarkan beristirahat hingga pagi harinya.
  • Lanjutkan perawatan tersebut setiap hari sampai burung mulai menumbuhkan bulu-bulu barunya.

Perawatan mabung metode ketiga

  • Selama burung ciblek mabung ciblek tersebut tidak dimandikan atau dijemur dan harus dalam kondisi full kerodong.
  • Pakan yang bisa diberikan selama burug mabung adalah kroto sebanyak satu sendok teh dan jangkrik kecil 1-2 ekor setiap harinya.
  • Minyak ikan bisa dicampurkan dalam kroto atau bisa juga dengan memberikan beberapa anakan ikan-ikan kecil (anakan ikan gendol atau anakan ikan guppy yang masih kecil).
  • Selama mabung burung digantung di tempat tenang dan sedikit lembab.
  • Selama ditempat tersebut burung bisa diberikan pemasteran dengan suara kenari atau suara prenjak betina yang bisa anda download di sini.
  • Setelah burung menunjukkan tanda-tanda mulai menumbuhkan bulu-bulu barunya, kerodong bisa dibuka dan burung rutin diberi mandi.

Perawatan mabung metode keempat Jauhkan burung dari burung sejenis atau burung lain yang bisa merangsang mereka terus berbunyi, karena pada waktu mabung ini kita harus memberi kesempatan burung untuk menggunakan energi yang dimilikinya untuk melewatkan masa mabungnya, dalam artian kita harus membuatnya ngedrop atau berkurang aktifitasnya. Selama itu pula burung bisa diberikan kerodong, dan sesekali dibuka untuk tujuan diangin-anginkan atau pada waktu diberikan pakan tambahannya seperti kroto atau jangkrik. Kroto bisa diberikan sebanyak satu sendok teh pada pagi hari dan setengah sendok teh pada sore harinya, sedangkan jangkrik kecil bisa diberikan cukup 1-2 ekor saja setiap harinya. Berikan vitamin yang dibutuhkan selama burung tersebut mabung, yang bertujuan membantu proses mabung mereka agar bisa berjalan dengan sempurna, karena burung yang habis mabung dengan sempurna, cenderung memiliki penampilan yang lebih baik dari sebelumnya (dalam kondisi top form). Semoga bermanfaat  

Trending artikel yang sedang hits:
  1. cara cepat menumbuhkan bulu ekor ciblek
  2. ciblek macet total
  3. ciblek macet bunyi setelah mabung
  4. perawatan ciblek dorong ekor
  5. burung ciblek
  6. perawatan ciblek mabung
  7. cara cepat menumbuhkan ekor ciblek
  8. ciri2 ciri ciblek mabung
  9. ciblek macet bunyi
  10. ciblek mabung tidak tuntas
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *