Loading...
Lovebird Perawatan

5 Perbedaan Lovebird Paskun Pastel Kuning dengan Lutino

Perbedaan Lovebird Paskun dengan Lutino – Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pemain lovebird pemula adalah perbedaan lovebird paskun dan lutino. Lovebird paskun atau kepanjangan dari pastel Kuning adalah salah satu lovebird berwarna kuning yang memang mirip dengan lovebird lutino, apalagi jika warna pastel kuning bersih. Bagi pemula kedua lovebird ini warnanya memang sangat mirip dan sulit untuk dibedakan tetapi jika diperhatikan secara seksama tentu saja ada perbedaannya.

Mengetahui perbedaan lovebird paskun dan Lutino ini berguna sekali Jika anda ingin memulai memelihara lovebird khususnya jika ingin membeli jenis paskun atau Lutino. Karena bisa saja anda jadi sasaran penjual nakal yang menipu harga dan menipu jenis lovebird yang ditawarkan, karena lovebird lutino harganya jauh di atas lovebird paskun. Atau sukur-sukur anda mendapati orang menjual lutino dengan harga paskun hahaha.

Nah untuk mengetahui perbedaan lovebird lutino dan paskun. Berikut ini ciri-ciri lovebird paskun dan lutino.

Gambar untuk lovebird paskun vs lutino - sumber: Caragacor

Gambar untuk lovebird paskun vs lutino – sumber: Caragacor

Sudah kami singgung diatas bahwa harga lovebird pastel kuning atau paskun lebih murah daripada lovebird lutino. Lovebird paskun dewasa berkisar sekitar Rp450.000 an. Sedangkan lovebird lutino minimal Rp500.000 untuk jenis lutino mata hitam dan kisaran Rp600.000 sampai Rp900.000 untuk lutino mata merah atau lutino retina merah. Tentu saja Ini tergantung dari kualitas warna dari burung-burung tersebut.

Lovebird-Lutino

Lovebird-Lutino

Memang burung lutino dan paskun memiliki warna yang mirip tetapi jika kita perhatikan lebih detail lagi maka kita bisa melihat perbedaan-perbedaan pada bagian tubuhnya. Diantaranya lovebird paskun memiliki serabut warna hijau halus di sekitar sayapnya, sedangkan warna lovebird lutino memiliki warna kuning yang cerah dan bersih tidak ada serabut hijaunya. Pada bagian leher lovebird lutino memiliki warna orange atau merah yang lebih cerah sedangkan lovebird paskun memiliki warna orange atau merah di kepala yang agak pucat atau pudar.

Hasil gambar untuk paskun

Lovebird Paskun (Pastel Kuning)

Lovebird paskun memiliki warna kaki yang hitam atau abu-abu gelap, sedangkan lovebird lutino mempunyai warna kaki yang putih atau pink. Perbedaan warna ini bagi saya paling mudah dilihat dan dapat membedakan kedua jenis burung lovebird ini secara akurat.

Selain itu perbedaan warna ekor juga bisa menjadi patokan kita untuk membedakan lovebird paskun dan lutino. Pada burung lutino warna pangkal ekornya berwarna merah atau orange, sedangkan pada lovebird paskun warna pangkal ekornya berwarna abu-abu atau keunguan.

Yang terakhir yaitu perbedaan warna mata, warna mata lovebird pastel kuning biasanya berwarna hitam sedangkan warna mata lovebird lutino ada yang berwarna ada yang berwarna hitam ada pula yangretinanya berwarna merah. Biasanya disebut dengan Lutino MM mata merah, Lutino MH mata hitam, dan Lutino RM retina merah. Tidak ada burung lovebird paskun yang mempunyai warna merah.

Nah itulah beberapa perbedaan lovebird paskun dan lutino secara fisik. Masih bingung dengan warna-warna burung lovebird?

Loading...

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment