Loading...
Perawatan

2 Rumus Membuat Racikan Pakan Lolohan Anakan Lovebird ‘Mirip’ Nutribird

Pakan Lolohan Anakan Lovebird – Sekarang ini tren ternak lovebird di kalangan para kicau mania. Mulai dari lovebird warna sampai lovebird kicau. Ini dikarenakan burung lovebird sekarang sedang populer dan banyak para penghobi yang mulai memelihara burung lovebird. Sehingga kebutuhan pasar juga semakin meningkat, dengan begitu para peternak berlomba-lomba memproduksi anakan lovebird yang berkualitas.

And here is our sweet little Pino! It has it’s perks being the smallest! 
#babybirds #babylovebirds #agapornis #agapornisofinstagram #agapornispersonata #parrot #parrotsofig #parrotlove #cute #cutebird #lovebird #lovebirds #parrotlover #instaparrot

Untuk meningkatkan kualitas anakan tentunya diperlukan perawatan dan pakan yang tepat. Salah satunya diperlukan pakan racikan untuk lolohan anak lovebird yang mencukupi nutrisinya agar pertumbuhannya optimal dan memperbaiki kualitas anakan.

Memang sudah banyak produk-produk jadi untuk pakan lolohan lovebird mulai produk impor seperti nutribird a21 dan produk2 home made dari para penghobi, tapi beberapa dari kita lebih senang jika membuatnya sendiri selain bisa menghemat biaya juga kita tidak khawatir karena kita tahu bahan apa saja yang dipakai untuk meloloh lovebird kita.

Berikut ini ada 2 racikan pakan lolohan lovebird terbaik menurut saya yang patut dicoba oleh teman-teman peternak lovebird. Racikan pakan ini saya ambil dari 2 breeder handal yang sudah tidak diragukan lagi pengalamannya. Yang pertama adalah Ir Kurnia Sutanto, beliau adalah salah satu alumnus IPB yang kini menjadi breeder lovebird dan burung cockatiel (falk / palek) di Balikpapan, yang kedua yaitu om Arie Tigadara BF, beliau adalah peternak LB yang sudah lama terjun di per-Lovebird-an.

Bahan-bahan :

Voer fancy rumput laut 450gr
Tepung jagung 150gr
Bubur SUN 3 sachet 360gr
Vita Chick 10-15gr (bahan pendukung/opsional)
NeoBro 10-15gr (bahan pendukung/opsional)
Canary Post 10-15gr (bahan pendukung/opsional)

Cara Pembuatan :

Blender voer fancy rumput laut sampai halus lalu saring
Campur voer fancy yang sudah halus dengan tepung maizena, aduk sampai tercampur rata, jika tidak ada bisa diganti dengan tepung terigu
Campurkan bubur SUN, bisa juga sambil d blender agar tercampur rata
Campurkan juga vitamin pendukung sampai tercampur rata, sambil di blender agar halus
Pencampuran sebaiknya satu persatu agar lebih rata.
Sesuaikan jumlah pembuatan jika hanya ingin membuat sedikit saja
Simpan ditempat tertutup dan kering, racikan pakan lolohan lovebird siap digunakan
Pakan ini bisa dibilang kandungannya “mirip” dengan pakan lolohan impor

Bahan-bahan :

Bubur SUN beras merah 240gr
Bubur SUN kacang hijau 240gr
Tepung maizena 100gr
Voer fancy rumput laut 250gr
Pakan ayam 511/BR1 300gr.
Vitamin Vitachick 10gr
Vitamin VitaBro 10gr

Cara Pembuatan :

Blender voer fancy rumput laut sampai halus lalu saringCampur voer fancy yang sudah halus dengan tepung maizena, aduk sampai tercampur rata, jika tidak ada bisa diganti dengan tepung teriguCampurkan bubur SUN, bisa juga sambil d blender agar tercampur rata
Campurkan juga vitamin pendukung sampai tercampur rata, sambil di blender agar halusPencampuran sebaiknya satu persatu agar lebih rata.Sesuaikan jumlah pembuatan jika hanya ingin membuat sedikit sajaSimpan ditempat tertutup dan kering, racikan pakan lolohan siap digunakan
Pakan lolohan anakan lovebird tersebut sudah bisa digunakan untuk lovebird yang baru menetas, tetapi amannya tunggu hingga usia 10 hari agar harapan hidup semakin besar. Biasanya usia 1,5 – 2 bulan anakan lovebird sudah bisa makan sendiri (belajar makan milet).

Referensi luar :

https://omkicau.com/2014/05/02/membuat-formula-pakan-lolohan-anakan-lovebird-ala-ir-kurnia-sutanto
https://web.facebook.com/arie.abikoe/posts/839766566084938 (Arie Tigadara BF)

Loading...

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment