Loading...
Liputan

10 Jenis Burung Unik dengan Sistem Pertahanan Terbaik

Majalahkicau.com – Biasanya, seekor burung dikatakan memiliki pertahanan terbaik jika dia mampu terbang dengan kecepatan tinggi, serta mempunyai paruh dan cengkeraman yang kuat. Namun, burung-burung unik ini tidak demikian. Mereka mempunyai sistem pertahanan berupa racun, bau busuk, mata palsu, suara mendesis seperti ular, dan masih banyak lagi.

Apakah Anda sudah pernah menjumpai burung unik dengan sistem pertahanan seperti itu? Mungkin beberapa dari Anda yang pernah menjumpainya atau bahkan ada yang memeliharanya di rumah. Namun, kami yakin Anda tidak pernah melihat semua jenis burung tersebut secara langsung. Pasalnya, sebagian besar burung unik tadi sangat sulit ditemui dan tidak pula dijumpai di kebun binatang maupun penangkaran burung.

Nah, daripada penasaran dengan keistimewaan burung-burung unik tersebut. Berikut beberapa jenis burung unik dengan sistem pertahanan terbaik.

Burung Hooded Pitohui (hbw.com)
Burung Hooded Pitohui (hbw.com)

” data-image-title=”Burung Hooded Pitohui (hbw.com)” data-image-meta='{“aperture”:”0″,”credit”:””,”camera”:””,”caption”:””,”created_timestamp”:”0″,”copyright”:””,”focal_length”:”0″,”iso”:”0″,”shutter_speed”:”0″,”title”:””,”orientation”:”1″}’ data-comments-opened=”1″ data-orig-size=”800,533″ data-orig-file=”https://i1.wp.com/burungnya.com/wp-content/uploads/2017/02/Burung-Hooded-Pitohui-hbw.com_.jpg?fit=800%2C533″ data-permalink=”http://burungnya.com/8-jenis-burung-paling-beracun-di-dunia-terdapat-di-papua/burung-hooded-pitohui-hbw-com/” data-attachment-id=”1318″ sizes=”(max-width: 800px) 100vw, 800px” srcset=”https://i1.wp.com/burungnya.com/wp-content/uploads/2017/02/Burung-Hooded-Pitohui-hbw.com_.jpg?w=800 800w, https://i1.wp.com/burungnya.com/wp-content/uploads/2017/02/Burung-Hooded-Pitohui-hbw.com_.jpg?resize=300%2C200 300w, https://i1.wp.com/burungnya.com/wp-content/uploads/2017/02/Burung-Hooded-Pitohui-hbw.com_.jpg?resize=768%2C512 768w” data-recalc-dims=”1″>Burung Hooded Pitohui (hbw.com)

Burung Hooded Pitohui mempunyai sistem pertahanan untuk melawan pemangsa. Sistem pertahanan ini tidak terlihat tapi sangat mematikan, yakni racun. Burung Hooded Pitohui memakan beberapa jenis kumbang yang mengandung neurotoxin kuat dan mengandung alkaloid yang dikenal sebagai batrachotoxin (racun yang juga ditemukan pada kulit dari racun katak panah Amerika Selatan).

Dengan memakan kumbang tersebut, burung Hooded Pitohui menjadi sangat beracun. Namun, bagian mana yang beracun? Bagian tubuh burung Hooded Pitohui yang beracun adalah bulu dan kulit. Burung ini dikenal oleh penduduk setempat sebagai “burung sampah”, karena toksisitasnya membuat burung tersebut tidak mungkin untuk dimakan kecuali kulit dan bulunya dicabut terlebih dahulu.

Anda juga harus tahu, menyentuh burung Hooded Pitohui dapat menyebabkan mati rasa dan kesemutan, kulit terbakar serta bersin (seperti yang dilaporkan oleh para ilmuwan yang menangani makhluk tersebut). Oleh karena itu, Anda jangan coba-coba menyentuhnya, apalagi mencoba memakan burung Hooded Pitohui.

Untuk memperingatkan sifat toksisitasnya, burung ini terlahir dengan warna terang orange dan warna hitam yang memungkinkan calon predator untuk mengenalinya. Selain itu, diyakini bahwa burung Hooded Pitohui dapat melindungi telur-telurnya dari predator dengan cara menggosok toksin pada telur-telur tersebut.

Pencarian Majalah Kicau Mania:
  1. Suara Burung Dalam Bahaya
  2. Cara Buat Ring Burung Sendiri
  3. Suara Burung Ketakutan
  4. Suara Burung Ketakutan Melihat Hantu
  5. Keju Untuk Burung
Trending artikel yang sedang hits:
  1. full masteran terbaik kombinasi untuk murai
  2. download mp3 suara burung ribut untuk pikat
  3. manfaat memotong ujung lidah burung
  4. burung trend 2018
  5. harga burung kapasan kemiri 2017
  6. cara mengusir burung kedasih
  7. burung yang akan populer tahun 2018
  8. harga pasaran burung kancilan emas
  9. cara menangkap burung manyar liar
  10. burung asli sumatera barat

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment