10 Alasan Mengapa Kicau Mania Pemula Memelihara Burung Pleci

133

Hampir semua orang mempunyai hewan peliharaan di rumah. Bagi Anda yang ingin memelihara burung, tidak ada salahnya memilih burung Pleci. Pasalnya burung kacamata ini sangat mudah dipelihara untuk sekadar didengarkan di rumah atau dilombakan di lapangan.

Kicau mania pemula juga tidak perlu mengeluarkan uang atau budget banyak karena harga burung Pleci sangat terjangkau atau bahkan bisa terbilang murah. Ya, harga Pleci memang murah, anak-anak yang masih sekolah saja bisa membeli dengan menyisihkan uang jajan dalam beberapa hari.

Jadi, jika anak Anda ingin mencoba memelihara burung, sarankan mereka untuk memelihara burung Pleci. Anak-anak tidak perlu mengurus burung Pleci secara intens, cukup diberi makan dan dibersihkan sangkarnya secara teratur saja.

Kalau Anda ingin mengikutkan Pleci lomba, tentu butuh perawatan ekstra. Namun, jika ingin merawat burung Pleci sebagai hewan peliharaan di rumah untuk keluarga dan anak, maka perawatannya tidak terlalu sulit.

Terlebih, suara burung Pleci cukup indah dan keras bila dibandingkan dengan suara burung lainnya yang berukuran kecil. Bahkan, burung Pleci bisa menirukan suara burung lain, jika dimaster dengan benar.

Nah, Anda penasaran mengapa kicau mania pemula sebaiknya memelihara burung Pleci? Berikut alasannya.

 

Alasan memelihara burung Pleci untuk kicau mania pemula

  1. Harga burung Pleci sangat terjangkau. Untuk harga Pleci bakalan saja Rp 30.000, sementara Pleci dada kuning anakan, harganya mencapai Rp 40.000. Itu yang bakalan atau masih muda, kalau sudah jadi dan gacor, harga Pleci sekitar Rp 250.000 atau lebih dari itu.
  2. Burung Pleci mudah beradaptasi dengan lingkungan. Walau Anda beli Pleci ombyokan dari pasar, begitu dibawa pulang biasanya mereka sudah mau bunyi.
  3. Ukuran tubuh burung Pleci kecil dan mini. Faktanya, burung Pleci terbesar saja ukuran tubuhnya hanya 15 cm, itu diukur dari ujung paruh sampai ujung ekor. Bisa dibayangkan, kalau Pleci bakalan pasti ukurannya lebih kecil lagi.
  4. Tidak perlu beli sangkar atau kandang yang besar. Sebab, ukuran sangkar Pleci tergolong kecil, yakni 22 x 22 x 50 cm dan 30 x 30 x 45 cm. Bahkan, ada juga yang lebih kecil dari ukuran kandang tersebut.
  5. Burung Pleci mudah dalam hal perawatan. Kalau sekadar untuk penghias rumah atau terapi suara burung di rumah, maka perawatannya cukup diberi makan, minum, mandi, jemur, dan membersihkan sangkar. Kalau tidak sempat, Anda cukup mengganti pakan dan minum setiap pagi, kemudian membersihkan sangkar 3 hari sekali.
  6. Pakan burung Pleci mudah didapat. Anda bisa memberinya voer, buah-buahan, air gula atau madu, hingga kroto. Jadi, tidak perlu keluar banyak tenaga dan uang dalam hal pemberian pakan ke Pleci.
  7. Burung Pleci cepat berbunyi jika perawatannya bagus. Apalagi jika burung Pleci disandingkan dengan burung Pleci lainnya. Burung Pleci akan langsung mengeluarkan kicauannya karena dia merasa senang bertemu dengan sahabatnya. Selain itu, burung Pleci termasuk burung koloni, sehingga dia suka bersama dengan burung Pleci lainnya.
  8. Pleci bisa menirukan suara burung lain. Ya, burung Pleci bisa meniru suara masteran burung lain yang mempunyai karakter suara sama, seperti Ciblek, Kenari, Cililin dan lain-lain.
  9. Pelihara tiga burung Pleci agar suasana di rumah menjadi lebih asri seperti di alam. Sebaiknya, Anda memang membeli tiga ekor burung Pleci karena Pleci adalah burung koloni. Kalau dipelihara sendirian di rumah, kasihan burung Pleci tersebut tidak punya teman untuk berkicau.
  10. Burung Pleci bisa jinak dan menuruti keinginan pemiliknya. Pleci termasuk burung pintar yang bisa diajak bermain di luar sangkar. Namun, tentu perlu tahapan dalam membuat Pleci jinak.

 

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...
Loading...
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here